Jauh Meningkat, Vaksinasi Covid-19 di Pasbar Capai 3.500 Setiap Hari

Penulis: Ahmad Romi

Simpang Empat, Padangkita.com – Capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) terus mengalami peningkatan. Setiap harinya diketahui sekitar 3.500 orang masyarakat yang berhasil divaksin.

Vaksinasi dilakukan berbagai pihak di Kabupaten Pasaman Barat, seperti Pemerintah Daerah melalui Puskesmas, Kecamatan, Nagari, TNI, Polri, dan juga organisasi masyarakat lainnya juga turut mengajak masyarakat agar mau untuk divaksin.

“Saat ini pencapaian vaksinasi kita untuk yang pertama sudah 41,82 persen atau sekitar 139.298 orang dari total target 333.063 orang atau 75 persen hingga akhir tahun 2021 ini,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Pasbar, Gina Alecia kepada Padangkita.com, Minggu (14/11/2021) malam.

Sementara itu, untuk vaksin tahap kedua sebanyak 35.042 orang atau sekitar 10,52 persen. Sedangkan vaksin ketiga (booster) yang diperuntukkan bagi para tenaga kesehatan baru mencapai 1.169 orang atau 0.35 persen.

“Secara keseluruhan, baru sebanyak 175.509 orang atau 26,35 persen masyarakat kita yang telah divaksin. Itu artinya masih sekitar 49 persen lagi agar vaksinasi kita itu mencapai target,” ungkap Gina Alecia.

Ia menambahkan, pihaknya saat ini terus menggalakkan upaya vaksinasi dengan tetap menjalin koordinasi dan komunikasi yang baik dengan instansi vertikal lainnya agar sasaran yang ingin dicapai itu segera terpenuhi.

“Akan tetapi, perlu juga kita akui bahwa saat ini kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksin itu sudah jauh meningkat dari sebelumnya. Itu terbukti dengan terus membeludaknya warga yang ikut vaksin,” ucapnya.

Selain itu, masyarakat yang ingin divaksin juga diberikan kemudahan. Seperti halnya yang dilakukan oleh pihak Kepolisian Resor (Polres) Pasbar. Di mana masyarakat dijemput dan diantar kembali dengan menggunakan armada Polres itu sendiri.

“Polres itu sekarang menurunkan seluruh armadanya untuk antar jemput warga yang ingin vaksin. Jadi setelah masyarakat itu mendaftar melalui Bhabinkamtibmas, barulah nanti dijemput dan kemudian diantar kembali tanpa dipungut biaya ongkos,” ungkap Gina.

Hal ini, kata Gina, sangat disambut baik oleh masyarakat karena kemudahan itu akhirnya masyarakat dengan sukarela dan ikhlas bersedia ikut vaksin.

Baca juga: Polres Pasbar Kembali Adakan Sumdarsin Ketiga, Capaian Vaksinasi 39 Persen

“Melalui upaya yang dilakukan secara bersama ini kita tentu berharap agar bagaimana nantinya pada tahun 2022 masyarakat Pasbar sudah divaksin secara keseluruhan sehingga aktivitas kita bisa kembali normal seperti dulu sebelum pandemi Covid-19,” imbuhnya. [pkt]

Terpopuler

Add New Playlist