Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Tersambung Seluruhnya Awal 2023, Ini Progresnya Sekarang

Penulis: Redaksi

Banda Aceh, Padangkita.com – PT Hutama Karya (Persero) selaku pengembang dan pengelola Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) berkomitmen mempercepat penyelesaian pembangunan Ruas Tol Sigli–Banda Aceh (Sibanceh) agar dapat tersambung seutuhnya sepanjang 74,2 km.

“Keseluruhan konstruksi pada ruas tol ini ditargetkan selesai pada awal 2023 mendatang, sehingga dapat segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar,” kata Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro dalam keterangan tertulis, Kamis (13/10/2022).

Ia mengungkapkan, saat ini progres konstruksi di Ruas Tol Sigli–Banda Aceh Seksi 1 Padang Tidji–Seulimeum telah mencapai 82,35%, Seksi 5 Blang Bintang–Kutobaro telah mencapai 91.40%, dan Seksi 6 Kutobaro–Simpang Baitussalam mencapai 82.39%. Progres ini dicatat per September 2022.

Sementara itu, panjang Jalan Tol Sigli–Banda Aceh (Sibanceh) yang telah beroperasi mencapai 30 km. Terbaru, Seksi 2 Seulimeum–Jantho sepanjang 6,35 km diresmikan pada April 2022.

Dengan demikian, saat ini Hutama Karya telah mengoperasikan 3 seksi di Tol Sigli–Banda Aceh, yaitu Seksi 2 Seulimeum–Jantho (6,35 km), Seksi 3 Jantho–Indrapuri (16 km), dan Seksi 4 Indrapuri–Blang Bintang (14 km) dengan peningkatan Lalu lintas Harian Rata-Rata (LHR) yang cukup baik dibanding tahun sebelumnya.

“Kami mencatat LHR pada Kuartal III (Juli–September) tahun ini meningkat 150% menjadi 1.647 kendaraan per hari jika dibandingkan Kuartal III Tahun 2021 yang hanya mencapai 649 kendaraan per hari. Namun demikian, LHR tersebut hanya mencapai 39% dari LHR business plan yang telah direncanakan yakni 4.198 kendaraan per hari,” ungkap Koentjoro.

Baca juga: Ada Terowongan Gajah, Reptil dan Primata di Ruas Jalan Tol Trans Sumatra Ini, Begini Bentuknya

“Jika telah terhubung secara penuh, tol ini mampu memperlancar lalu lintas dan meningkatkan distribusi barang dan jasa, apalagi jalan tol ini nantinya akan tersambung sampai Medan sehingga nantinya akses wisatawan maupun wirausaha akan semakin terbuka lebar,” ulas Koentjoro. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist