Jalan Tol Padang-Sicincin Selesai Juli 2024, Menteri Basuki: Kuncinya Masalah Tanah Clear

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, meminta Jalan Tol Padang-Pekanbaru Seksi Padang-Sicincin selesai pada Juli 2024.

Namun, Menteri Basuki mengingatkan, semua sangat tergantung pada pembebasan lahan.

“Untuk tol, Juli 2024 selesai. Kuncinya sekarang ada di daerah. Tergantung kepada dukungan dari pemerintahan kabupaten, kota dan juga provinsi. Kalau seandainya jalan itu tanahnya clear, maka kita siap untuk membangun. Kuncinya ialah clear dalam masalah tanah,” tegas Menteri Basuki ketika melihat langsung progres pembangunan Jalan Tol Padang-Sicincin, Rabu (2/11/2022).

Pada kesempatan itu, Menteri Basuki didampingi Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah dan Anggota DPR RI asal Sumbar Athari Gauthi Ardi.

Menanggapi pernyataan Menteri Basuki, Gubernur Mahyeldi menyatakan kesiapan menyelesaikan pembebasan lahan hingga Desember tahun ini.

“Insya Allah untuk persoalan administrasi, pembebasan lahan selesai Desember 2022. Mudah-mudahan kami pemerintahan provinsi, juga dengan dukungan Ibu Athari dari DPR RI, dengan kolaborasi dan sinergi serta komunikasi yan baik dapat menyelesaikan semua persoalan yang dihadapi,” harap Mahyeldi.

Di lokasi jalan tol, Menteri Basuki, Gubenur Mahyeldi dan rombongan juga melakukan doa bersama demi kelancaran dan kesuksesan pembangunan di Sumbar, yang dipimpin langsung oleh Mahyeldi.

Sebelumnya, bulan lalu, Mahyeldi telah menemui Menteri Basuki di Jakarta. Waktu itu Mahyeldi melaporkan progres fasilitasi pembebasan lahan Jalan Tol Padang-Sicicin yang sudah mencapai 81,16 persen.

Jalan Tol Padang-Sicincin sepanjang 36 km merupakan salah satu seksi dari Jalan Tol Padang-Pekanbaru yang memiliki panjang total 254 km. Jalan Tol Padang-Pekanbaru yang terdiri dari 5 seksi merupakan bagian sirip atau feeder dari Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) yang membentang dari Lampung hingga Aceh.

Dari 6 seksi Jalan Tol Padang-Pekanbaru, satu seksi yakni Pekanbaru-Bangkinang telah selesai dan resmi dioperasikan mulai 27 Oktober. Sementara dua seksi lagi, yakni Padang-Sicincin dan Bangkinang-Pangkalan menjadi prioritas pemerintah untuk segera dituntaskan.

Baca juga: Pembebasan Lahan 84,65 Persen, PUPR Perintahkan Lanjutkan Jalan Tol Padang-Sicincin

Tiga seksi lagi, yakni Sicincin-Bukittinggi, Bukittinggi-Payakumbuh, Payakumbuh-Pangkalan, masih dalam tahap persiapan pembangunan. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist