Jalan Padang-Painan Sudah Bisa Dilalui Setelah Material Longsor di Kelok Jariang Disingkirkan

Berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru: Jalan Padang-Painan sudah bisa dilalui. Material longsor yang sempat menutupi Kelok Jariang Km 26, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, sudah disingkirkan

Padang, Padangkita.com – Akses jalan Padang-Painan, Pesisir Selatan (Pessel) sudah bisa dilalui oleh kendaraan dari dua jalur, Kamis (10/9/2020) siang. Material longsor yang sempat menutupi Kelok Jariang Km 26, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, sudah disingkirkan.

Kapolsek Bungus Teluk Kabung, AKP Andhi Jais mengatakan akses jalan sudah bisa dilalui kendaraan sejak sekitar 09.00 WIB tadi. “Ya, sudah bisa dilewati sejak sekitar sembilan tadi. Cuma ada finishing-finishing-nya. Sekarang sudah bisa dilewati dua jalur,” ujarnya saat dikonfirmasi Padangkita.com via telepon pukul 12.14 WIB.

Dia menuturkan longsor mulai terjadi sekitar pukul 05.30 tadi, lalu mulai menutup badan jalan sekitar pukul 07.00. Longsor disebabkan oleh intensitas curah hujan yang tinggi sejak dini hari tadi lalu menyebabkan material bekas tambang turun.

“Curah hujan yang cukup tinggi. Ada bekas tambang. Dibawanya material-material ke bawah,” jelasnya.

Longsor tersebut sempat membuat akses jalan Padang-Painan putus total. Namun, saat ini, akses jalan sudah bisa dilewati kendaraan dari dua jalur. Kata dia, saat ini, tidak ada lagi kemacetan yang terjadi. Alat berat, kata dia, saat ini juga masih di lokasi.

Baca Juga: Kelok Jariang Tertutup Longsor, Akses Jalan Padang-Painan Putus Total

Jalur jalan Padang-Painan atau Pessel memang banyak titik rawan longsor. Mulai dari Teluk Bayur, jalurnya menyisir sisi perbukitan hingga ke Bungus.

Berikutnya dari ujung Bungus jalurnya kembali melewati perbukitan hingga ke Barung-Barung Belantai, Pessel. [fru/pkt]


Baca berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com