Istano Basa Pagaruyung Paling Banyak Dikunjungi, Retribusi Terkumpul Ratusan Juta

Penulis: Redaksi

Batusangkar, Padangkita.com – Semua destinasi wisata unggulan Tanah Datar dipenuhi pengunjung selama libur Lebaran Idulfitri 1443 H/2022. Setidaknya ada 10 destinasi yang selama ini memang menjadi andalan Tanah Datar menarik wisatawan.

Destinasi itu adalah Istano Basa Pagaruyung, Panorama Aua Sarumpun, Nagari Tuo Pariangan, Tanjung Mutiara, Panorama Puncak Pato, Air Terjun Lembah Anai, Batu Angkek-angkek, Panorama Tabek Patah, Aia Angek Padang Gantiang dan Tenun Pandai Sikek.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parpora) Tanah Datar Hendri Agung Indrianto mengatakan, jumlah kunjungan meningkat signifikan pada H+2 Lebaran Idulfitri 1443 Hijriah.

“Di hari pertama libur Lebaran jumlah pengunjung dari 10 top destinasi wisata tercatat sebanyak 5.211 orang dan jumlah tersebut melonjak 300% pada hari kedua sebanyak 15.121 pengunjung dan terus meningkat pada hari ke 3 sebanyak 17.377 pengunjung,” ungkap Hendri Agung kepada Padangkita.com, Kamis (5/5/2022).

Ia memprediksi jumlah kunjungan akan terus meningkat mengingat masih lamanya waktu libur Lebaran. Dan, untuk mengetahuinya, data kunjungan wisatawan akan terus direkap dari petugas Disparpora yang ditugaskan piket di lokasi top wisata unggulan.

“Jumlah pengunjung terbesar sampai saat ini berada di kawasan Istano Basa Pagaruyung yang sudah menerapkan e-ticketing untuk tiket masuk, dengan jumlah tiket terjual mencapai angka 21.635 tiket, dengan harga tiket Rp15.000 dewasa, Rp7.500 anak-anak dan Rp. 25.000 untuk wisatawan mancanegara. Total jumlah retribusi sampai kemarin sebanyak Rp284.561.500,” ujar Hendri Agung.

Ia menambahkan, menyambut libur Lebaran tahun ini, jauh hari berbagai persiapan di semua top destinasi wisata unggulan di Kabupaten Tanah Datar telah dilaksanakan dengan maksimal.

“Sarana dan prasarana di lokasi objek wisata kita benahi, mulai dari parkiran, toilet, musala, tempat istirahat serta kebersihan, kepada petugas kita sampaikan supaya memberikan pelayan yang baik dan ramah agartercipta rasa nyaman pengunjung untuk betah berlama-lama di lokasi objek wisata yang berdampak juga kepada sektor ekonomi kreatif di lokasi objek wisata,” katanya.

Kepala UPT Istano Basa Pagaruyung Ridwan mengatakan kunjungan hari pertama (H+2) sebanyak 8.000 wisatawan, H+3 sebanyak 11.000 wisatawan.

“Untuk dan hari ini (Kamis) pada pukul dua saja sudah 8.000 kunjungan dan angka ini terus bertambah sampai sore nanti,” ungkapnya.

Ridwan mengatakan, melihat tren kunjungan wisatawan ke Istano Basa Pagaruyung, ia yakin kunjungan akan terus meningkat.

Baca juga: Toilet Umum Istano Basa Pagaruyung Kotor dan Bau, Bupati Eka Putra Marah-marah

“Kita memprediksikan kunjungan akan terus terjadi peningkatan sampai pada H+7 Lebaran, puncaknya hari Sabtu ini,” ujarnya. [djp/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist