Ini Resep Shin Tae-yong Saat Timnas Indonesia Bekuk Malaysia 4-1

Penulis: Redaksi

Jakarta, Padangkita.com – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong membeberkan strateginya usai Timnas Indonesia menghajar Malaysia dengan skor telak 4-1 dalam pertandingan penutup Grup B Piala AFF 2020. Pertandingan berlangsung di Bhisan Stadium pada Minggu (19/2/2021).

Pelatih asal Korea Selatan ini menyebutkan bahwa dia menekankan kepada pemain untuk tidak panik ketika harus tertinggal lebih dulu. Kepanikan menurut Shin Tae-yong akan membuat strategi tidak jalan.

“Ya sebelum pertandingan ada team meeting. Saya bilang ke pemain walaupun kemasukan gol jangan bernafsu,” ujar Shin Tae-yong.

Apa yang diungkapkan oleh Shin Tae-yong itu menjadi kenyataan. Ketika Timnas sibuk menyerang, di menit 13 Malaysia memanfaatkan celah lewat gol Kogileswaran Raj. Namun skuad Garuda tidak kalah mental, mereka justru bermain lebih offensive.

Dua gol yang membuat mental Timnas bangkit dicetak oleh Irfan Jaya di menit 36 dan 43. Gol borongan berlanjut, di menit 50, Timnas Indonesia unggul 3-1 via sepakan roket Pratama Arhan dar luar kotak penalti.

Terakhir Elkan Baggott mencetak gol via sundulan pada menit 80, sekaligus membuat Timnas Indonesia menang 4-1 atas tim berjuluk Haimau Malaya tersebut.

Di sisi lain, pressing ketat yang dilakukan oleh Timnas Indonesia ternyata mampu membuat permainan Malaysia tidak berkembang. Beberapa kali serangan mereka terputus ditengah jalan kendati secara penguasaan bola lebih unggul Malaysia.

“Dan juga kita harus melakukan permainan sesuai strategi, saya juga sudah memberikan arahan untuk jangan kalah mental,” lanjut Shin Tae-yong.

Baca juga: Taklukkan Malaysia 4-1, Timnas Indonesia ke Semifinal Piala AFF 2020 Berstatus Juara Grup B

Berikutnya di semifinal Piala AFF 2020, Timnas Indonesia berhadapan dengan Singapura. Laga bakal berlangsung dua leg, tepatnya pada Rabu 22 Desember 2021 dan Sabtu 25 Desember 2021. Laga akan dilangsungkan di Stadion Nasional Singapura. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist