Taklukkan Malaysia 4-1, Timnas Indonesia ke Semifinal Piala AFF 2020 Berstatus Juara Grup B

Penulis: Redaksi

Singapura, Padangkita.com – Timnas Indonesia memastikan diri lolos ke babak semifinal dengan status sebagai juara Grup B Piala AFF 2020 usai mempermalukan Malaysia dengan skor telak 4-1, dalam pertandingan di Bhisan Stadium Singapura, Minggu (19/12/2021) malam WIB.

Malaysia sempat mengejutkan lebih dulu di awal babak pertama berkat gol Kogeliswaran Raj. Namun setelah itu mereka tidak bisa bermain konsisten. Dua gol balasan yang membalikkan keadaan berhasil dicetak oleh Irfan Jaya yang membuat Timnas Indonesia unggul dengan skor 2-1 di babak pertama.

Melihat masih memiliki kans untuk menambah keunggulan, Timnas Indonesia mengubah komposisi pemain di babak kedua. Elkan Baggott dimasukkan di babak kedua menggantikan Ramai Rumakiek, artinya Timnas menggunakan tiga pemain belakang agar pertahanan lebih solid.

Di menit 50, Timnas Indonesia yang terus bermain menekan berhasil menambah keunggulan. Kali ini lewat gol Pratama Arhan. Irfan Jaya menjadi aktor utama berkat umpannya kepada Pratama Arhan yang menambah keunggulan menjadi 3-1.

Ketertinggalan dengan selisih dua gol tersebut coba dikejar oleh Timnas Malaysia. Usaha mereka nyaris membuahkan hasil, beruntung bagi Timnas Indonesia karena gol Muhammad Syafiq dianulir oleh wasit karena lebih dulu dianggap terjadi pelanggaran.

Pergantian pemain dilakukan Shin Tae-yong pada menit ke-75. Evan Dimas Darmono masuk  menggantikan Rachmat Irianto. Timnas  nyaris bikin gol di menit ke-80. Bola sodoran Witan Sulaeman mengarahke Kushedya Hari Yudo, bolanya bisa disapu pemain belakang Malaysia.

Gol keempat Indonesia hadir dari Elkan Baggott. Umpan tendangan sudut Evan Dimas bisa diselesaikan oleh Elkan melalui sundulan dan menjadi gol pada menit ke-82.

Baca juga: Pinjamkan Genta Alparedo ke Arema FC, Ini Harapan Semen Padang FC

Hasil ini membuat Timnas Indonesia memastikan sebagai juara Grup B Piala AFF 2020. Pesaing terberat mereka, Vietnam mengalahkan Kamboja dengan skor 4-0. Timnas memiliki selisih gol sama dengan Vietnam namun jumlah memasukkan pasukan Shin Tae Yong ini lebih banyak yaitu 13 gol. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist