Ini Rentetan Bencana yang Terjadi 2 Hari Ini di Sumbar

Padang, Padangkita.com – Sejumlah daerah di Sumatra Barat (Sumbar) dilanda bencana sepanjang Selasa (28/9/2021) hingga Rabu (29/9/2021). Daerah itu antara lain Kota Solok, Kabupaten Solok, Kabupaten Pasaman, dan Kabupaten Padang Pariaman.

Di daerah tersebut terjadi banjir, longsor, dan pohon tumbang. Satu jembatan dilaporkan putus dan puluhan kepala keluarga (KK) terdampak.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Erman Rahman mengungkapkan di Kota Solok, banjir mulai menggenangi rumah warga di Kecamatan Lubuk Sikarah dan Kecamatan Tanjung Harapan pada Rabu (29/9/2021) pukul 02.30 WIB.

Data sementara ada 99 KK, 163 jiwa, dan 1 balita yang terdampak banjir di dua lokasi itu.

“Kebutuhan mendesak paket makanan siap saji,” ujar Erman.

Sementara, di Kabupaten Pasaman, banjir terjadi sejak Selasa (28/9/2021). Curah hujan yang tinggi dan angin yang kencang menyebabkan air sungai meluap dan pohon tumbang menimpa jembatan sehingga ambruk dan terbawa arus sungai.

Akibatnya, jembatan penghubung antara Muaro Tambangan, Koto Tangah, dan Sigalabur terputus.

“Lebih kurang 600 KK mengalami kesulitan akses,” sebutnya.

Kemudian, di Kabupaten Solok, terjadi bencana longsor dan banjir. Longsor terjadi Selasa malam di Nagari Taruang Taruang, dan mengakibatkan akses jalan sempat terganggu.

Selain longsor Selasa malam, pada Rabu pagi banjir juga melanda dua Jorong Jambu dan Jorong Kapalo Koto, Nagari Saok Laweh.

“Ketinggian air sekitar 60 sentimeter,” sampai Erman.

Selanjutnya, banjir juga dilaporkan terjadi di Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman. Data sementara, puluhan rumah diterjang banjir akibat luapan Batang Anai. Pada sore hari, pohon besar tumbang di Kompleks Makam Syekh Burhanuddin, Ulakan Tapakis.

Dalam bencana ini, satu orang peziarah tewas dan tiga lainnya luka-luka. Akibat pohon tumbang itu, 10 kios juga rusak dan 30 kendaraan ikut tertimpa.

Di Kota Padang banjir juga menggenangi jalan-jalan dan permukiman. Sebuah kapal wisata di Bungus dihantam ombak besar hingga terhempas ke bibir pantai. Dua kapal nelayan ikut tertabrak kapal tersebut. Jalan Padang-Solok di Sitinjau Lauik juga terganggu karena ada sejumlah titik yang longsor.

Baca juga: Pohon Tumbang di Makam Syekh Burhanuddin, 1 Orang Tewas dan 3 Luka-luka

Hingga malam ini hujan masih mengguyur sejumlah daerah. Warga diminta untuk lebih meningkatkan kewaspadaan. [fru/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist