Ini Profil Empat Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar yang Daftar ke KPU

Berita Pilkada Sumbar dan Berita Sumbar terbaru: Ini profil empat pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar yang mendaftar ke KPU

Padang, Padangkita.com – Sebanyak empat pasangan calon gubenur dan wakil gubernur Sumatra Barat (Sumbar) telah resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar sejak Jumat (4/9/2020) hingga Minggu (6/9/2020)

Ketua KPU Sumbar Amnasmen bersyukur proses pendaftaran keempat pasangan calon gubenur dan wakil gubernur Sumbar tersebut berjalan dengan baik dan lancar.

“Alhamdulillah KPU telah melangsungkan penerimaan empat pasangan cagub dan cawagub dengan lancar. Semuanya dinyatakan lengkap dan sah,” ujarnya Minggu (6/9/2020).

Empat pasangan calon Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tingkat provinsi itu yakni, Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy, Nasrul Abit-Indra Catri, Fakhrizal-Genius Umar, dan Mulyadi-Ali Mukhni.

Baca Juga: Daftar Lengkap 49 Bapaslon Peserta Pilkada Sumbar Serentak 2020

Berikut profil singkat empat pasangan calon tersebut.

1. Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy

Pasangan Mahyeldi-Audy mendaftar di KPU Sumbar pada Jumat (4/9/2020). Pasangan ini diusung oleh dua partai Islam yaitu Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang memiliki 14 kursi di DPRD Sumbar.

Mahyeldi saat ini masih menjabat sebagai Wali Kota Padang. Ini merupakan periode keduanya. Kader PKS yang juga dikenal sebagai penceramah ini telah menjabat sebagai Wali Kota Padang sejak 2014. Sebelumnya, dia juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Sumatra Barat periode 2004–2009 dan Wakil Wali Kota Padang (2009-2014).

Sementara itu pasangannya, Audy merupakan seorang pengusaha. Politisi PPP ini memiliki keahlian di bidang pertanian, pertambangan, dan manajemen bisnis, serta menjabat sebagai Chairman of Perkasa, Lintas Agro Group, dan meminta sejumlah perusahaan lainnya.

2. Nasrul Abit-Indra Catri

Pasangan Nasrul Abit-Indra Catri mendaftar di KPU Sumbar pada Sabtu (5/9/2020). Pasangan ini diusung oleh satu partai saja, yakni Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang memiliki 14 kursi di DPRD Sumbar.

Nasrul saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Sumbar. Dia menjabat sejak 2016 lalu. Sebelumnya, mantan Ketua DPD Gerindra Sumbar ini pernah menjabat sebagai Bupati Pesisir Selatan dua periode. Dia juga pernah menjabat sebagai Wakil Bupati di kabupaten tersebut pada 2000-2005.

Sementara, Indra Catri merupakan Bupati Agam dan masih menjabat saat ini. Ini merupakan periode keduanya untuk jabatan itu. Dia sudah menjabat sejak 2010. Sebelumnya, Indra juga pernah menjabat sebagai Kepala Bappeda Kota Padang.

3. Fakhrizal-Genius Umar

Pasangan Fakhrizal-Genius Umar mendaftar di KPU Sumbar pada Minggu (6/9/2020). Pasangan ini diusung oleh koalisi Poros Baru yang terdiri atas Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Koalisi ini memiliki 14 kursi di DPRD Sumbar.

Sebelum diusung oleh koalisi Poros Baru, pasangan Fakhrizal-Genius Umar pernah mencoba maju lewat jalur independen di Pilkada Sumbar, namun gagal karena pasangan ini tidak memenuhi syarat verifikasi faktual.

Fakhrizal merupakan mantan Kepala Polda Sumbar 2016-2019 sebelum akhirnya pindah ke Mabes Polri. Setelah mendaftar ke KPU Sumbar lewat koalisi Poros Baru, dia mangaku sudah mengajukan pengunduran diri dari instansi Polri. Sementara, pasangannya, Genius Umar adalah Wali Kota Pariaman dan masih menjabat saat ini.

4. Mulyadi-Ali Mukhni

Pasangan Mulyadi-Ali Mukhni mendaftar di KPU Sumbar pada Minggu (6/9/2020). Pasangan ini diusung oleh Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN) yang memiliki 20 kursi di DPRD Sumbar.

Mulyadi merupakan Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar. Saat ini, dia masih menjabat sebagai anggota DPR RI. Dia tercatat pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Adicitra 1996-2009 dan Komisaris Utama PT Adicitra Mulyata 2009-2010.

Sementara pasangannya, Ali Mukhni, merupakan Bupati Padang Pariaman dua periode dan saat ini masih menjabat. Sebelumnya, dia pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Padang Pariaman 2005-2010 dan Ketua DPW PAN Sumbar 2015-2020. [fru/pkt]

Baca berita Pilkada Sumbar terbaru dan Berita Sumbar hanya di Padangkita.com.