Ini Lokasi dan Link Streaming Pengamatan Gerhana Bulan Total di Sumbar

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sumatra Barat (Sumbar) akan menggelar pemusatan pengamatan gerhana bulan di Bukittinggi.

Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang, Suaidi Ahadi mengatakan, fenomena gerhana Bulan total di Indonesia akan terjadi pada hari ini Selasa (8/11/2022).

“Kalau nasional ada 31 titik pengamatan, di Sumbar kita pusatkan di pelataran Jam Gadang, bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Bukittinggi,” ungkapnya saat dihubungi Padangkita.com, Selasa (8/11/2022).

Lebih lanjut ia mengatakan, selain pengamatan secara langsung, pihaknya juga akan adakan secara streaming.

“Kalau via online bisa melalui halaman BMKG. Selain itu juga juga bisa disaksikan melalui akun Instagram @bmkgpadangpanjang,” sambungnya.

Ia menambahkan, untuk di Sumatra Barat, puncak Gerhana Bulan Total tidak bisa disaksikan karena perkiraan kondisi masih terang.

“Perkiraan puncaknya jam 18.00 WIB. Nanti untuk wilayah Sumbar kita bisa saksikan penutup atau Akhir Penumbra sekitar pukul 21.00,” terangnya.

Selain itu ia berharap cuaca sore ini cerah, tidak berawan agar masyarakat bisa menyaksikan langsung fenomena tersebut.

“Jika cuaca cerah, maka masyarakat bisa melihat secara langsung tanpa bantuan alat. Kita akan mulai pukul 16.00 WIB,” sambungnya.

Sejumlah daerah yang dapat mengamati gerhana di Sumbar, yakni Padang, Tua Pejat, Simpang Ampek, Lubuk Basung, Pariaman, Lubuk Sikaping.

Selanjutnya, Parit Malintang, Bukittinggi, Padangpanjang, Painan, Payakumbuh, Arosuka, Batusangkar, Solok, Sarilamak, Sawahlunto, Muaro Sijunjung, Padang Aro, dan Sungai Dareh

Gerhana bulan ini bisa disaksikan di Sumbar sekitar pukul 18.00 WIB. Sementara durasi totalitas Gerhana Bulan Total 8 November 2022 ini akan berlangsung selama 1 jam 25 menit 44 detik.

Baca Juga : Umat Islam Diimbau Salat Gerhana 8 November, Berikut Tata Caranya Menurut Kemenag   

Sepanjang tahun 2022 setidaknya terjadi empat kali gerhana, yakni dua kali gerhana Matahari dan dua kali gerhana Bulan.

1. Gerhana Matahari Sebagian (GMS) 30 April 2022.

2. Gerhana Bulan Total (GBT) 16 Mei 2022.

3. Gerhana Matahari Sebagian (GMS) 25 Oktober 2022.

4. Gerhana Bulan Total (GBT) 8 November 2022 yang dapat diamati dari Indonesia. [hdp]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

 

Terpopuler

Add New Playlist