Ini Komentar Pertama Hansastri Setelah Resmi Jabat Sekdaprov Sumbar

Padang, Padangkita.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) Hansastri mengungkapkan tugas paling mendesak yang akan dilakukannya usai dilantik oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah.

Tugas tersebut yaitu membantu Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar dalam menangani pandemi Covid-19.

“Secara umum kita membantu gubernur dan wakil gubernur, tapi yang paling mendesak sesuai arahan Presiden yang disampaikan melalui Menteri Sekretaris Kabinet adalah membantu dalam menangani pandemi Covid-19,” ujarnya usai dilantik jadi Sekdaprov Sumbar, Kamis (12/8/2021)

Selain itu, dirinya juga menyusun rencana jangka panjang yakni pembangunan Sumbar. Dia menerangkan sumber Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) terbatas.

“Sempit gerakan kita untuk melakukan pembangunan kalau hanya mengandalkan dari APBD sehingga kita perlu berusaha menggalang dana dari sumber lain seperti APBN atau dari investor,” jelas Hansastri.

Untuk rencana jangka panjang, dirinya bakal berupaya melibatkan perantau Minang yang umumnya adalah pengusaha atau investor agar bisa berinvestasi di Sumbar.

“Saudara-saudara kita itu banyak berinvestasi tapi di tempat lain di luar Sumbar. Bagaimana investasi itu diarahkan ke Sumbar agar meningkatkan perekonomian dan pembangunan di Sumbar untuk kesejahteraan orang kampungnya,” sampainya.

Pihaknya juga bakal memfasilitasi donasi dari perantau untuk daerah masing-masing yang selama ini telah berjalan.

Tambahannya pula, usai dilantik, Pemerintah Provinsi Sumbar juga akan melakukan mutasi pejabat.

“Mutasi ada, pertama kita lakukan dulu jobfit. Artinya bagaimana pejabat yang sekarang ini di mana posisinya pas. Nanti setelah itu dalam waktu dekat tempat yang kosong akan diisi melalui seleksi terbuka,” ujarnya.

Dia menerangkan, selain mutasi, pihaknya juga bakal melakukan rotasi jabatan. Orang yang tepat akan ditempatkan pada jabatan yang tepat sehingga bisa terjadi penyegaran dalam lingkup Pemprov Sumbar.

Sementara itu, usai melantik Hansastri, Gubernur Mahyeldi Ansharullah bakal menyiapkan Penjabat Sementara (Pjs) Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Sumbar.

Baca juga: Lantik Hansastri Jadi Sekdaprov, Mahyeldi: Kalau Gubernur Salah Jangan Ikuti!

“Nanti, kita siapkan Pjs-nya. Mungkin nanti sore ini akan keluar,” ujarnya saat ditemui wartawan usai menghadiri pelantikan Sekda Sumbar di Istana Gubernur Sumbar, Kamis (12/8/2021). (fru/pkt)

Terpopuler

Add New Playlist