Ini Bocoran Wakil Wali Kota Padang Pengganti Hendri Septa yang Segera Jadi Wali Kota

Penulis: Muhammad Aidil

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Sejauh ini, PKS telah mengusulkan lima nama yang akan dibahas dan dikerucutkan lagi.

Padang, Padangkita.com – Posisi Wakil Wali Kota (Wawako) Padang terus menjadi perbincangan hangat. Namun, sejauh ini posisi tersebut masih ditempati oleh Hendri Septa yang merangkap sebagai Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Padang.

Informasi di DPRD Padang menyebutkan, Hendri Septa yang kader Partai Amanat Nasional (PAN) itu akan ditetapkan menjadi Wali Kota definitif pada Rabu (3/3/3021). Dengan begitu, otomatis posisi Wakil Wali Kota Padang menjadi kosong.

Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Arnedi Yarmen membocorkan calon Wawako haruslah orang yang sejalan dengan Hendri Septa.

“Wako dan Wawako itu satu paket. Kami berharap bagaimana Hendri Septa melanjutkan secara maksimal dari visi-misi yang sudah dibuat. Penguat kemenangan itu tawaran ketika dia menyampaikan visi misi ke masyarakat,” katanya kepada Padangkita.com, Selasa (2/3/2021).

Sebagai partai pengusung pasangan Mahyeldi-Hendri Septa pada pemilihan Wali Kota 2018 lalu, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mengeklaim bahwa pihaknya tetap berkomitmen mendukung Hendri Septa menjadi Wali Kota Padang.

Menurutnya, “pelewaan” atau pengukuhan Hendri Septa sebagai Wako Padang hanya sebagai simbol saja. Namun demikian, untuk kursi Wawako, kekosongan yang ada, kata Arnedi akan dibuat formatnya sesuai Undang-undang (UU) dan pembicaraan dari partai pengusung, dalam hal ini PKS dan Partai Amanat Nasional (PAN).

“Siapa pendampingnya akan ditentukan dari berbagai indikator dan kemungkinan, seperti bagaimana keserasian atau chemistry si calon ini dengan Hendri Septa, kemudian kesiapan pasangan ini nantinya merealisasikan visi-misi dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD),” katanya.

“Kemudian bagaimana dia merealisasikan janji-janji politiknya, walaupun Hendri Septa yang pegang komando, tentu karena ini menjadi satu kesatuan, harus melibatkan keduanya,” sambung Arnedi.

Baca juga: Mahyeldi Tunjuk Hendri Septa Jadi Pelaksana Tugas Wali Kota Padang

Sejauh ini, PKS telah mengusulkan lima nama yang akan dibahas dan dikerucutkan lagi. Namun, PAN juga tak mau kalah, mengincar posisi Wawako dan saat ini tengah membahas nama calon. PKS dan PAN adalah partai pengusung Mahyeldi Ansharullah-Hendri Septa pada Pilwako Padang, sehinga kedua partai inilah yang berhak mengusulkan calon Wawako. [pkt]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist