Ini 6 Pilihan Menu Sarapan Khas Minang di Kota Padang

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Sarapan atau breakfast sudah jadi kebiasaan banyak orang. Begitu juga tentunya di Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar).

Namun yang agak unik, di Kota Padang, orang lebih memilih sarapan di warung makanan. Bukan apa-apa, di Kota Padang memang banyak warung menyediakan berbagai menu sarapan yang lezat. Terutama makanan khas Minangkabau.

Nah, berikut enam menu sarapan lezat khas Minangkabau yang Padangkita.com pilihkan untuk dicoba:

1. Lontong Pical

Menu ini sudah menjadi menu wajib di setiap warung makanan yang ada hingga ke sudut-sudut Kota Padang. Selain di warung, juga ada yang menjual lontong pical dengan gerobak berkeliling.

Lontong pical ini terdiri dari ketupat dan beberapa sayuran seperti kol, kacang panjang, kangkung, toge yang direbus lalu ditambah dengan mi kuning dan disiram menggunakan kuah kacang kental. Pelengkapnya adalah kerupuk merah.

Lontong pical ini sangat cocok buat mereka yang suka rasa gurih dan manis. Namun jika ingin pedas, lontong pical masih sangat nikmat jika ditambahkan beberapa sendok cabe.

Harga lontong pical di Padang beragam, namun pastinya masih sangat terjangkau. Mulai dari Rp6 ribu hingga Rp8 ribu per porsi.

2. Lontong Gulai

Biasanya menu ini selalu bersanding dengan lontong pical. Namun, untuk lontong gulai ini juga ada ragamnya, khususnya jenis gulainya. Di Padang umumnya, ada tiga jenis gulai sebagai ‘lauk’-nya lontong. Yakni, gulai nangka, gulai paku (pakis) dan gulai toco.

Seporsi lontong ini juga hampir sama dengan lontong pical. Sekitar Rp6 ribu sampai Rp8 ribu. Atau ada yang sampai Rp10 ribu jika ada tambahan seperti telur rebus atau yang lainnya.

3. Bubur Kampiun

Kurang lengkap rasanya ke Padang atau ke Sumbar jika tidak mencoba bubur kampiun. Seporsi bubur ini terdiri dari berbagai campuran bahan seperti ketan putih, bubur sumsum, ketan hitam, kolak pisang atau ubi, kacang hijau dan candil.

Semua bahan ini dicampur jadi satu. Rasanya kompleks dan manis, cocok untuk mengganjal perut di pagi hari.

4. Soto Padang

 Meski tergolong makanan “berat”—karena biasanya dicampur nasi—soto padang merupakan salah satu menu sarapan yang menggugah selera. Terkadang menu ini menjadi pilihan bagi mereka yang sedang kurang nafsu makan.

Hidangan berkuah kaldu sapi ini disajikan dengan bahan irisan daging sapi yang sudah digoreng kering, bihun (mi dari tepung beras), ditambah perkedel kentang, lalu dihidangkan daalam keadaan panas.

Agar lebih nikmat, soto juga ditaburi kerupuk merah, seledri, dan bawang goreng dan disandingkan dengan sambal lado dan jeruk nipis.

5. Ketan dan Pisang Goreng

Kini, menu sarapan ini sedikit sulit ditemui. Hanya beberap warung makanan yang masih menyediakannya. Biasanya, warung makanan yang berrada agak ke pinggir kota.

Ketan dengan beras pulut hitam atau putih ini disajikan dengan kelapa parut dan pisang goreng. Cukup makan seporsi dijamin kenyang hingga siang.

6. Teh Talua

Buat mereka yang malas makan saat pagi, maka teh talua atau teh telur kerap jadi solusi sarapan. Minuman khas Minangkabau ini memang dipercaya dapat menambah stamina yang mengosumsinya.

Baca juga: Ini Pusat Oleh-oleh Terbesar dan Terlengkap di Kota Padang

Tekstur minuman yang kental karena campuran kuning telur dipercaya dapat mengganjal perut di pagi hari. (*/pkt)

Terpopuler