Ingin Wujudkan Kabupaten Tahfiz, Bupati Tanah Datar: Kita Ingin di Setiap Rumah Ada Penghafal al-Quran

Penulis: Agg

Berita Tanah Datar hari ini dan berita Sumbar hari ini: Bupati Eka Putra ingin menjadikan Tanah Datar sebagai Kabupaten Tahfiz.

Batusangkar, Padangkita.com – Bupati Kabupaten Tanah Datar, Eka Putra menggelar kegiatan Safari Ramadan selama dua hari, Rabu-Kamis (14-15/4/2021). Dalam kegiatan itu, sebanyak 20 tim diterjunkan ke lapangan.

Dari 20 tim yang diterjunkan ke lapangan itu, akan mengunjungi 40 masjid yang ada di Tanah Datar dan setiap tim sudah dibagi sesuai jadwal masing-masing.

Bupati Tanah Datar, Eka Putra yang memimpin Tim Safari Ramadhan (TSR) I pada Rabu (14/4/2021) malam menyambangi Masjid Raya Rambatan, Kecamatan Rambatan. Kedatangan TSR 1 itu disambut antusias oleg masyarakat setempat.

Dalam kesempatan itu, Eka Putra mengatakan, meski di masa pandemi, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar akan terus berusaha untuk menyejahterakan masyarakat melalui visi misi Tanah Datar kedepannya, yaitu Menjadikan Kabupaten Tanah Datar Madani, Berbudaya yang berlandaskan Adat Basandi Syara, Syara Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

“Kami bersama wakil bupati bertekad untuk mewujudkan program almarhum bupati sebelumnya untuk menjadikan Tanah Datar Kabupaten Tahfiz. Kita berharap ada satu hafiz atau hafizah dalam satu rumah,” ungkapnya.

Bahkan, Eka Putra mengaku optimis dengan bonus demografi yang dimiliki, terutama ramainya generasi saat ini, Tanah Datar mampu mewujudkan harapan tersebut.

“Hal itu akan dapat terwujud apabila pemerintah daerah dibantu oleh masyarakat untuk sama-sama membangkitkan potensi generasi kita ini,” paparnya.

Lalu, Eka juga menjelaskan beberapa pembangunan yang sedang berlangsung, terutama program-program untuk menggeliatkan kembali perekonomian masyarakat setelah dilanda pandemi Covid 19.

“Dalam kesempatan ini tim juga akan menyerap aspirasi dari masyarakat yang disampaikan kepada tim. Aspirasi itu akan menjadi bahan bagi kami untuk kelanjutan pembangunan di Tanah Datar,” paparnya.

Eka juga mengajak masyarakat agar selalu mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes). Karena Covid-19 sebagai wabah, kata Eka, nyata dan bisa menyerang siapa saja.

“Covid itu nyata, saya imbau bapak ibu untuk selalu menggunakan masker. Nanti, bapak ibu juga akan mendapatkan vaksin,” ungkapnya.

Eka Putra juga menyebutkan, untuk meningkatkan kesejahteraan warga, pihaknya memprioritaskan program sektor pertanian, pariwisata, dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Pemilihan ketiga, sektor prioritas itu, tuturnya, bersandar pada fakta Kabupaten Tanah Datar tidak berpotensi di sektor industri, pertambangan, dan perkebunan skala besar, sebagaimana dimiliki daerah-daerah lain di Sumbar.

Sebelumnya, Ketua pengurus Masjid Raya Rambatan Yusrijal Datuak Makhudun mengatakan, jika Masjid itu di bangun pada tahun 1980 lalu. Kemudian terus di lakukan pengembangan, yang baru- baru ini pembangunan teras dan lahan parkir.

Baca juga: Tradisi di Nagari Taluak Tanah Datar Menyambut Ramadan, Maniliak atau Mancoliak Bulan, Bakawu hingga Mamogang

Pada kesempatan tersebut, Eka Putra bersama Pimpinan Cabang Bank Nagari Batusangkar juga menyerahkan Bantuan kepada pengurus Masjid Raya Rambatan senilai Rp10 juta. [zfk]


Baca berita Tanah Datar hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler