Ingatkan Potensi Gempa Megathrust Mentawai, Kepala BNPB Minta Masyarakat Siaga Hadapi Bencana

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Kepala BNPB ingatkan masyarakat terkait ancaman gempa dan tsunami di zona megathrust Mentawai

Padang, Padangkita.com – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo ingatkan masyarakat Sumatra Barat (Sumbar) terkait ancaman gempa dan tsunami di zona megathrust Mentawai. Ia meminta masyarakat untuk selalu siap siaga menghadapi kemungkinan bencana yang terjadi.

“Ini potensi. Kita sudah lihat Aceh. Gempa dan tsunami yang terjadi di Aceh pada 26 Desember 2004 yang lalu, ternyata bukan yang pertama. Telah terjadi berkali-kali gempa dan tsunami (sebelumnya) seperti pada 26 Desember 2004. Demikian juga di wilayah pesisir barat Sumbar,” ujarnya saat meninjau proyek penanganan abrasi di Pantai Padang, Kamis (15/4/2021).

Menurutnya, zona megathrust Mentawai masih menyimpan potensi terjadinya gempa dan tsunami.

“Jadi, pertemuan subduksi di wilayah selatan atau sebelah barat dari Mentawai, ini masih menyimpan potensi. Energinya belum lepas. Di Nias sudah pernah lepas. Jadi, di antara Mentawai sampai dengan Enggano (Bengkulu), masih punya peluang,” jelasnya.

Oleh karena itu, tutur Doni, mitigasi dan kesiap-siagaan dalam menghadapi bencana merupakan upaya terbaik untuk mengurangi risiko terjadinya gempa dan tsunami tersebut.

“Kita tidak boleh panik. Kita harus tenang. Karena ini adalah peristiwa alam. Gempa dan tsunami itu pasti terjadi. Tetapi kapannya tidak bisa yang ada menentukan waktunya dengan tepat,” sampainya.

Lebih lanjut, Doni mengajak masyarakat untuk selalu mempersiapkan diri dalam menghadapi potensi bencana yang terjadi. Masyarakat harus terbiasa dengan upaya mitigasi dan pengurangan risiko bencana dan harus diingatkan terus terkait hal tersebut.

Baca Juga: Mudik Lebaran Dilarang, Doni Monardo: ‘Basaba Wak Dulu’, Covid-19 Belum Hilang

“Jadi, kita harus mempersiapkan diri. Masyarakat sudah terbiasa untuk berlatih dan ini tidak boleh berhenti. Latihan kesiapsiagaan harus selalu dilakukan. Jadi, 26 April mendatang adalah hari kesiapsiagaan bencana. Kita berharap warga Sumbar harus selalu siap berlatih,” ungkapnya. [abe]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler