Indonesia Berduka, Tokoh Besar Kebanggaan Masyarakat Minang Buya Syafii Maarif Wafat

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Indonesia kembali berduka. Salah satu putra terbaik bangsa ini, Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif telah wafat hari ini, Jumat (27/5/2022) sekitar pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping.

إنا لله و إنا إليه راجعون. أللّهمّ اغفر له وارحمه وعافه واعف عنه وأكرم نزوله ووسّع مدخله. وأدخله الجنّة وأعذه من عذاب القبر وفتنته ومن عذاب النّار. آمّين يآ ربّ العالمين.

Demikian ucapan duka yang dibagikan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir melalui akun media sosialnya. Ia menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya tokoh kebanggaan masyarakat Minang, Sumatra Barat (Sumbar) ini.

“Semoga beliau (Buya Syafii) husnulkhatimah, diterima amal ibadahnya, diampuni kesalahannya, dilapangkan di kuburnya, dan ditempatkan di jannatun na’im. Mohon dimaafkan kesalahan beliau dan do’a dari semuanya,” ungkap Haedar.

Sementara itu, Ketua MDMC PP Muhammadiyah Budi Setiawan menyampaikan bahwa Buya Syafii akan disemayamkan di Masjid Gede Yogyakarta. Kemudian, pemakaman akan dilakukan di Pemakaman Khusnul Khotimah milik Muhammadiyah yang terletak di di Dusun Donomulyo, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulonprogo.

Buya Syafii selama ini dikenal sebagai seorang ulama dan cendekiawan Indonesia. Ia pernah menjabat Ketua Umum PP Muhammadiyah dan Presiden World Conference on Religion for Peace dan pendiri Maarif Institute.

Baca juga: Soal Pembangunan Sumbar, Ini Pesan Buya Syafii ke Buya Mahyeldi

Buya Sfafii lahir 31 Mei 1935 di Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung, Sumatra Barat (Sumbar) dari orang tua bernama Ma’rifah Rauf Datuk Rajo Malayu, Fathiyah. Tokoh asal Minang ini pernah mengenyam pendidikan di Ohio University dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Meski selama ini menetap di Yogyakarta dan banyak menyumbangkan pikiran untuk Indonesia, namun Buya tak pernah lupa dengan kampung halamannya. Dalam pertemuan dengan Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah, Buya Syafii banyak memberi masukan dan pesan bagi pembangunan Sumbar. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist