Inacraft 2022, Ny. Harneli: Saatnya Produk Kerajinan Sumbar Menembus Pasar Global 

Penulis: Isran Bastian

Lubuk Basung, Padangkita.com –  Stand Dekranasda Kabupaten Agam mendapat kunjungan dari Ketua Dekranasda Provinsi Sumbar Ny. Harneli Mahyeldi, pada ajang pameran Inacraft kerajinan Indonesia, di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (23/3/2022) lalu.

Kedatangan istri orang nomor satu di Provinsi Sumbar itu, disambut hangat Ketua Dekranasda Ny. Yenni Andri Warman, Wakil Ketua Dekranasda Ny. Titik Irwan Fikri, Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Agam Dedi Asmar dan Wakil Ketua Harian Dekranasda Ny. El Edi Busti.

Pada kesempatan itu Ny. Harneli mengapresiasi sumbangsih Kabupaten Agam dalam ikut tampil pada pameran bergengsi itu dengan membawakan sejumlah produk unggulan. Dia berharap, dengan upaya promosi produk kerajinan ini dapat meningkatkan produk-produk kerajinan daerah hingga ke pasar global.

“Apabila kita ingin fungsi ekonomi, jangan hanya dinilai kemampuan pengrajin, tapi kita harus mengetahui keinginan pasar. Kita harus mengikuti selera pasar, tentu dalam rangka memperkenalkan budaya kita,” katanya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Agm Ny. Yenni Andri Warman, mengatakan dengan kunjungan Ketua Dekranada Sumbar ke stand Agam menjadikan motivasi dan semangat bagi pengrajin untuk terus berkarya.

Khusus di Agam kita banyak memiliki produk -produk unggulan kerajinan di tiap-tiap kecamatan. Mulai sulaman, bordir, songket, perak, kuningan, hingga kuliner.

Baca Juga: Kerajinan Tangan Anak Nagari Salido Saribulan untuk Cendera Mata Para Wisatawan

“Kita memiliki itu semua. Sekarang, bagaimana budaya tersebut agar tetap lestari dan eksis di mata dunia,” terangnya. [*/isr]

Terpopuler

Add New Playlist