Ikut Gerak Jalan HAB Kemenag, Genius Ungkap Penyebab Tak Bisa Bantu MIN dan MTsN  

Penulis: Redaksi

Pariaman, Padangkita.com – Wali Kota Pariaman Genius Umar melepas dan langsung mengikuti gerak jalan kerukunan dalam peringatan ke-77 Hari Amal Bhakti (HAB) tahun 2023, di halaman Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pariaman, Sabtu (14/1/2023).

Pada kesempatan itu, Genius Umar didampingi Wakil Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin bersama Ketua GOW Kota Pariaman Ny. Indriati Mardison.

Dalam sambutannya, Wako Pariaman Genius Umar mengucapkan selamat memperingat Hari Amal Bakti untuk Kementerian Agama dan sekaligus mengapresiasi kegiatan gerak jalan kerukunan yang melibatkan ASN Kemenag Kota Pariaman, pelajar serta masyarakat.

“Gerak jalan kerukunan yang dilaksanakan hari ini sebagai bukti bagi kita semua, dengan kebersamaan akan menjadi energi bagi kita untuk melahirkan ide-ide besar dalam membangun bangsa, mendidik generasi muda kita menjadi pribadi yang unggul sekaligus memiliki fisik yang sehat,” ungkap Genius Umar.

Menurut Genius, kerukunan dan toleransi umat beragama di Kota Pariaman sudah sangat baik. Sekarang tugas semua, lanjut Genius, adalah bagaimana merawat dan menjaganya sehingga kehidupan dalam berbangsa dan bernegara bisa berjalan baik khususnya di Kota Pariaman.

Ia menyebutkan, Pemko Pariaman sejauh ini memang belum bisa memberikan bantuan langsung terhadap MIN dan MTsN. Sebab, kata Genius, MIN dan MTsN menjadi kewenangan Kementerian Agama.

Namun, kata Genius, dalam program satu keluarga satu sarjana (Saga Saja), tamatan MAN warga Kota Pariaman mempunyai kesempatan bergabung. Jika lulus seleksi, maka bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan biaya bantuan melalui program Saga Saja.

“Kita memang belum bisa memberikan bantuan langsung terhadap anak – anak MIN dan MTsN. Namun program Saga Saja akan terbuka lebar bagi warga Kota Pariaman termasuk tamatan dari MAN. Kita tidak memilih anak tersebut tamat dari mana, yang terpenting warga Kota Pariaman yang memenuhi kriteria berhak mengikuti program ini,” ujar Genius Umar.

Ia berharap hubungan kerja antara Pemko Pariaman dengan Kemenag Kota Pariaman lebih baik lagi ke depannya.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Kota Pariaman Rinalfi mengatakan gerak jalan kerukunan diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia, dan ini merupakan rangkaian dari kegiatan memperingati HAB.

“Gerak jalan kerukunan merupakan agenda penutup dari rangkaian kegiatan dalam rangka HAB tahun 2023. Gerak jalan yang melibatkan seluruh wilayah Kementerian Agama Kota Pariaman diikuti oleh 2.500 peserta. Tujuannya memperkuat silaturahmi dan kebersamaan umat beragama sesuai dengan tema HAB ke-77 tahun 2023 yaitu kerukunan umat untuk Indonesia hebat,” ungkapnya.

Gerak jalan kerukunan melewati jalur halaman Kantor Kemenag Kota Pariaman – Desa Air Santok – melewati Kantor Camat Pariaman Timur Kota Pariaman – kembali ke Kantor Kemenag Kota Pariaman.

Baca juga: Lantik 18 Pejabat Baru, Genius Umar Minta Barakai dan Dubalang Desa Diaktifkan Lagi  

“Kita sudah menyiapkan berbagai hadiah menarik untuk peserta yang beruntung. Di samping itu, kegiatan ini juga dimeriahkan oleh Kesenian Irama Minang (KIM) dengan hadiah yang sangat banyak,” ujarnya.  [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist