IAIN Batusangkar Resmi Jadi Universitas Islam Negeri, Rektor: Ini Hasil Kerja Keras

Penulis: Isran Bastian

Batusangkar, Padangkita.com – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar resmi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar, seiring diterbitkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 84 Tahun 2022 tertanggal 8 Juni 2022.

Rektor IAIN Batusangkar yang telah menjadi UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Marjoni Immamora mengatakan, Sabtu (11/6/2022), perubahan status IAIN Batusangkar menjadi UIN bersamaan dengan 4 IAIN lainnya di Indonesia.

“Selain kita, di Sumatra Barat ada IAIN Bukittinggi menjadi Universitas Islam Negeri Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi, kemudian di Pekalongan, Padangsidimpuan dan Salatiga,” sampainya.

Dia menambahkan, peralihan itu merupakan hasil kerja keras dan kerjasama semua pihak, terutama jajaran IAIN Batusangkar bersama pemangku kepentingan lainnya.

“Ini wujud kerja keras semua pihak terkait untuk menghadirkan layanan pendidikan tinggi yang lebih berkualitas bagi masyarakat,” kata Marjoni yang beberapa waktu lalu telah memperoleh gelar profesor tersebut.

Di juga mengakui, pencapaian itu tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Sumatera Barat umumnya dan Tanah Datar khususnya.

“Perubahan status ini merupakan hasil perjuangan berbagai pihak, terutama jajaran IAIN Batusangkar untuk menjadi UIN, terima kasih atas dedikasinya semoga menjadi kebanggaan kita semua, karena saat ini telah ada 3 Universitas Islam Negeri di Sumbar, sebelumnya baru UIN Imam Bonjol Padang,” tukasnya.

Sebelumnya, Dirjend Pendis Kementerian Agama Republik Indonesia  M. Ali saat memberikan konfirmasi di Jakarta mengatakan, perubahan bentuk ini harus diikuti dengan adanya transformasi keilmuan secara menyeluruh agar kiprah UIN di masyarakat semakin luas.

Baca Juga:  Sah! IAIN Bukittinggi dan IAIN Batusangkar Kini Resmi Jadi UIN

“Perubahan bentuk dilakukan dalam rangka memenuhi tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta proses integrasi keilmuan Agama Islam dengan sains guna mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas,” katanya. [djp/isr]

Terpopuler

Add New Playlist