Hutama Karya Hijaukan dan Percantik JORR serta Jalan Tol Trans Sumatra

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – PT Hutama Karya (Persero) atau Hutama Karya berkomitmen untuk terus melakukan peningkatan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum (SPM) untuk kenyamanan pengguna jalan.

Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) Hutama Karya, Dwi Aryono Bayuaji mengatakan, peningkatan pelayanan tersebut mencakup pemeliharaan dan peningkatan kualitas serta penghijauan yang dilakukan secara rutin di ruas tol yang dikelola.

Baik yang berada di Pulau Jawa yakni Ruas JORR Seksi S (JORR-S) dan Akses Tanjung Priok (ATP), maupun yang berada di Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS).

“Untuk dua ruas tol di jawa tersebut saat ini sedang dilakukan pemeliharaan pada beberapa titik dengan melakukan teknik pemeliharaan patching hotmix di Ruas JORR-S KM 19+500 s/d KM 33+800 Jalur A & B,” kata Dwi dalam keterangannya, Jumat (23/9/2022).

Kemudian, pemeliharaan expansion joint Beton di Flyover Lebak Bulus KM 20+400 s/d KM 20+760 Jalur A & B, Fly Over Fatmawati KM 22 + 139 s/d KM 23+830, Fly Over Antasari KM 23+600 s/d KM 830 dan Fly Over Lenteng Agung di KM 27+550 s/d KM 27+990 di Ruas JORR-S.

Baca juga: Pakai Teknik Pile Slab, Perbaikan 2 Jembatan di Jalan Tol Trans Sumatra Lebih Lama

“Sementara, untuk Ruas ATP pemeliharaan yang dilakukan lebih ringan dengan melakukan teknik coldmix apabila ditemukan pothole (lubang),” ulas Dwi.

Selain perkerasan jalan, pemeliharaan dan beautifikasi pada fasilitas penunjang secara rutin juga dilakukan, seperti pengecetan ulang pada concrete barrier, overpass, marka dan guard rail atau pagar pembatas jalan, penggantian lampu PJU yang telah mati menjadi lampu LED smart lamp, serta melakukan pembersihan sampah dan penyapuan jalan setiap harinya.

“Kami melakukan pemeliharaan tersebut pada malam hari saat window time yakni pukul 22.00 WIB malam hingga 05.00 WIB pagi agar tidak mengganggu lalu lintas pengguna jalan,” jelas Dwi.

Selain pemeliharaan, penghijauan di jalan tol juga rutin dilakukan di jalan tol yang dikelola Hutama Karya.

Baca juga: Semua Ruas Jalan Tol Bocimi Ditarget Rampung 2024, Progres Seksi 2 Cigombong – Cibadak 86%

“Penanaman pohon rutin kami lakukan khususnya pada hari peringatan yang berhubungan dengan lingkungan, seperti pada Hari Ozon Sedunia yang jatuh pada (16/9/2022), yang dilakukan secara serentak di seluruh ruas tol yang dikelola. Penanaman pohon ini demi mencapai jalan tol hijau ramah lingkungan agar lingkungan dengan infrastruktur tetap seimbang,” ungkap Dwi. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist