Hujan Deras dan Angin Puting Beliung di Atar Padang Ganting, Puluhan Rumah Rusak

Penulis: Redaksi

Batusangkar, Padangkita.com – Hujan lebat diiringi angin puting beliung yang melanda Nagari Atar, Kecamatan Padang Ganting mengakibatkan puluhan atap rumah dan bangunan rusak.

Memperoleh informasi dari Camat Padang Ganting terkait musibah itu, Bupati Eka Putra langsung meninjau lokasi musibah, Senin (13/6/2022) malam. Dalam peninjauan itu ditemui pohon tumbang menutupi badan jalan dan ada yang menimpa rumah warga.

“Ada rumpun bambu tumbang dan menutupi badan jalan sehingga jalur transportasi Batusangkar ke Sijunjung melalui Atar sementara waktu terputus,” kata Bupati Eka.

Ia menyebutkan, cuaca masih diwarnai hujan gerimis, namun personel masih bekerja keras membersihkan material dari badan jalan.

“Saat ini dalam kondisi masih diguyur hujan kami turun langsung meninjau lokasi, petugas BPBD, TNI, Polri, Satpol PP, PUPR dibantu Satgas Nagari berjibaku membersihkan material yang menutupi badan jalan, agar bisa segera dilalui kendaraan,” ujarnya.

Bupati Eka memerintahkan instansi terkait dan pemerintahan nagari untuk segera mendata rumah yang terdampak dan juga tanaman yang rusak, seperti padi di sawah dan tanaman perkebunan lainnya sehingga bisa segera diatasi.

Baca juga: Puluhan Traktor Mesin Bajak Siap Didistribusikan ke Semua Kecamatan di Tanah Datar

“Segera data masyarakat ataupun terdampak agar bisa dilakukan langkah penanganan selanjutnya. Melihat kondisi cuaca ekstrem beberapa hari ini, saya imbau masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaan karena sewaktu-waktu bencana bisa saja terjadi,” ingat Bupati Tanah Datar Eka Putra. [djp/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist