Hindari Kesemrawutan, Pembangunan di Kawasan Wisata Mandeh Akan Diawasi

Penulis: Ramono Aryo

Berita Pesisir Selatan terbaru dan berita Sumbar terbaru: Pemkab Pessel akan terus mengawasi pembangunan dan pengembangan di kawasan wisata Mandeh

Painan, Padangkita.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan (Pessel) menegaskan akan mengawasi pembangunan khususnya tempat penginapan (cottage) yang dilakukan oleh pihak swasta di kawasan wisata Mandeh.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Satu Pintu (DPMP2TSP) Pessel, Suardi mengatakan hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi kesemrawutan pembangunan di lokasi wisata tersebut.

Ia menambahkan, langkah itu bertujuan agar kegiatan pembangunan yang dilakukan oleh masyarakat tidak berbenturan dengan aturan hukum dan juga tidak mengabaikan kondisi serta lokasi yang berdampak terhadap lingkungan.

“Agar kegiatan pembangunan yang dilakukan masyarakat tidak berbenturan dengan aturan hukum dan tidak mengabaikan kondisi serta lokasi yang berdampak terhadap lingkungan, maka perlu dilakukan pengawasan,” katanya.

Dirinya menambahkan bahwa peningkatan aksesibilitas suatu objek wisata melalui pembangunan berbagai sarana dan prasarana, memang bertujuan untuk meningkatkan daya tarik namun harus tetap mengacu pada aturan yang ada.

Baca Juga: Hasil Pemeriksaan ‘Swab’ 40 Pejabat Pessel dan Staf Negatif Covid-19

Untuk itu, pihaknya bersama Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR), Dinas Lingkungan Hidup, dan Satpol PP terus melakukan koordinasi terkait berbagai persoalan yang terjadi di kawasan wisata unggulan itu.

Baca Juga: Bupati Pessel Hendrajoni Jalani Tes ‘Swab’, Sekalian Buat Syarat Daftar ke KPU

Ditambahkanya bahwa penegakan aturan harus diterapkan terhadap siapapun yang ingin melakukan pembangunan dan pengembangan di kawasan wisata Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan.

“Tujuannya agar kawasan wisata Mandeh yang sudah sangat mendunia saat ini, tetap terjaga keasriannya, atau tidak menjadi kawasan yang semrawut nantinya,” harap Suardi. [*/abe]


Baca berita Pesisir Selatan terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com