Hasil Pemeriksaan ‘Swab’ 40 Pejabat Pessel dan Staf Negatif Covid-19

Penulis: MF Zikri

Berita Pesisir Selatan terbaru dan berita Sumbar terbaru:  Hasil tes swab para pejabat dan staf Pemkab Pesisir Selatan (Pessel) menyatakan negatif dari Covid-19

Painan, Padangkita.com – Hasil pemeriksaan laboratorium terhadap sejumlah swab pejabat dan staf Pemkab Pesisir Selatan (Pessel) telah dikeluar, Jumat (4/9/2020). Hasilnya, semua sampel swab tersebut dikonfirmasi negatif Covid-19.

Hasil swab negatif itu antara lain adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pessel Erizon, Direktur RSUD M. Zein Painan dr. Sutarman, Asisten I Muskamal, Asisten III Hamdi, serta sejumlah Kepala Bagian.

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Pessel, Rinaldi meyebutkan hasil negatif tersebut tertuang dalam laporan pemeriksaan Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand Padang, No.157/09/PDRPI-FK/202 tanggal 4 September 2020.

“Alhamdulillah, dari hasil tes swab yang dikeluarkan pihak Laboratorium Unand, Sekda Erizon berserta pejabat lainnya dan staf di lingkungan Setda Pesisir Selatan yang berjumlah 40 orang, terkonfirmasi negatif Covid-19,” kata Rinaldi, yang juga Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Pessel, Jumat (4/9/2020) siang.

Sebelumnya pejabat di lingkup Setdakab Pessel hari Senin (31/8/2020) dan Selasa (1/9/2020) telah melakukan tes swab massal, sehubungan adanya seorang ASN yang terkonfirmasi positif Covid-19. Total ASN yang diambil swab-nya pada dua hari tersebut 221 orang.

Baca Juga: Bupati Pessel Hendrajoni Jalani Tes ‘Swab’, Sekalian Buat Syarat Daftar ke KPU

Dari 221 orang tersebut 150 pejabat dan staf Sekretariat Daerah, sisanya anggota dan staf Sekretariat DPRD dan masyarakat yang kontak erat dengan pasien positif.

“Yang keluar hasilnya hari ini baru 57 orang yaitu mereka yang melakukan tes swab pada hari Senin (31/8/2020). Dari 57 tersebut hasilnya semua negatif termasuk 40 orang pejabat dan staf Setda Pessel,” ulas Rinaldi.

Dia berharap, sisa swab yang masih diperiksa di laboratorium Fakultas Kedokteran Unand, juga negatif. Tes swab ini dilakukan untuk memutus mata rantai penularan Covid 19, sekaligus untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap virus Corona tersebut. [*/pkt]


Baca berita Pesisir Selatan terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com