Hanya 27 Perguruan Tinggi Terakreditasi Unggul, Kampus di Sumbar Ini Salah Satunya

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Sebanyak 27 kampus atau perguruan tinggi telah mendapat predikat atau peringkat ‘Unggul’ Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Jumlah ini masih sangat kecil jika dibandingkan dengan jumlah perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Berdasar data di BAN-PT, sejauh ini atau hingga 14 Juni 2022, ada sekitar 4.500 perguruan tinggi di Indonesia.

Sebagaimana dimuat di laman situs BAN-PT, akreditasi merupakan upaya BAN-PT untuk menilai dan menentukan status mutu perguruan tinggi berdasarkan kriteria mutu yang telah ditetapkan.

Sebagai hasil, akreditasi merupakan status mutu perguruan tinggi yang diumumkan kepada masyarakat. Status Terakreditasi berdasarkan Nilai Akreditasi diberi peringkat Unggul, Baik Sekali, atau Baik.

Dari 27 pergguruan tinggi yang dapat peringkat Unggul tersebut, baru dua kampus dari Sumatra, yakni Universitas Negeri Padang (UNP) dan Universitas Sriwijaya (Unsri).

Universitas Negeri Padang (UNP) sendiri menyandang Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) terhitung sejak 20 April 2022. Sebelumnya, UNP telah menyandang Akreditasi A.

“Capaian ini yang pertama bagi UNP sebagai perguruan tinggi dengan Akreditasi Unggul. Sebelumnya, periode 2017-2021, UNP mendapat Akreditasi A. Ini merupakan hasil yang prestisius bagi UNP apalagi setelah berstatus Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH),” kata Rektor UNP Ganefri pada Kamis (21/4/2022) lalu.

Menurut Rektor Ganefri, tidak banyak perguruan tinggi yang bisa mencapai hasil Akreditasi Unggul. Oleh sebab itu, Ganefri beraharap capaian tersebut dapat dipertahankan.

Saat ini UNP memiliki 8 Fakultas, yakni: Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Matematika dan IPA, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.

Selain itu, UNP juga punya Program Pasca-Sarjana S2 dan S3. Saat ini, UNP membuka program baru yakni, Program Studi (Prodi) Kedokteran.

Baca juga: UNP Naik Level dari Akreditasi A Jadi Akreditasi Unggul, Rektor Ganefri: Hasil Prestisius

Berikut daftar 27 kampus terakreditasi Unggul oleh BAN-PT berdasarkan abjad di laman www.banpt.or.id:

1. Akademi Angkatan Udara (AAU)

2. Institut Teknologi Bandung

3. Sekolah Tinggi Intelijen Negara

4. Sekolah Tinggi Manajemen Ppm

5. Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

6. Universitas Brawijaya

7. Universitas Dian Nuswantoro

8. Universitas Gadjah Mada

9. Universitas Islam Indonesia

10. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

11. Universitas Islam Sultan Agung

12. Universitas Katolik Parahyangan

13. Universitas Muhammadiyah Malang

14. Universitas Muhammadiyah Surakarta

15. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

16. Universitas Muslim Indonesia

17. Universitas Negeri Jakarta

18. Universitas Negeri Malang

19. Universitas Negeri Padang

20. Universitas Negeri Surabaya

21. Universitas Negeri Yogyakarta

22. Universitas Sam Ratulangi

23. Universitas Sriwijaya

24. Universitas Syiah Kuala

25. Universitas Tarumanagara

26. Universitas Telkom

27. Universitas Udayana

[*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist