Hamas Minta Dukungan Jokowi Terkait Konflik Dengan Israel

Penulis: Ramono Aryo

Padangkita.com – pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh mengirimkan sepucuk surat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dirinya meminta Jokowi untuk memobilisasi dukungan negara Islam dan internasional terhadap Palestina.

Dikutip dari detik, tidak hanya ke Jokowi, Haniyeh juga mengirimkan surat senada kepada pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Seyyed Ali Khamenei.

Dalam surat yang dilansir media Iran, Press TV, Selasa (18/5/2021), Haniyeh menyebut “agresi Israel yang berkelanjutan terhadap rakyat Palestina membutuhkan tanggapan yang tegas dari gerakan-gerakan perlawanan di Gaza.

Dia pun menyerukan upaya global bersama untuk mengakhiri kekejaman rezim terhadap Palestina di Gaza dan wilayah-wilayah pendudukan.

Dalam suratnya itu, Kepala Biro Politik Hamas itu menguraikan tentang kejahatan dan kebrutalan Israel terhadap kawasan Sheikh Jarrah di Yerusalem Timur, Masjid al-Aqsa, Jalur Gaza dan wilayah-wilayah yang diduduki sejak 1948.

Haniyeh mengatakan bahwa di tengah meningkatnya agresi Israel terhadap rakyat Palestina, Hamas mengadakan kontak ekstensif dengan berbagai pihak.

Kepala Hamas itu menyerukan tindakan segera serta mobilisasi Arab, Islam dan internasional untuk mengambil sikap tegas terhadap Israel agar menghentikan agresinya terhadap rakyat Palestina.

Belum lama ini, Perdana Menteri (PM) Malaysia Muhyiddin Yassin juga mengatakan bahwa Haniyeh telah meneleponnya untuk menginformasikan kepadanya tentang situasi terbaru di Palestina.

Baca Juga: Begini Pidato Singkat Jokowi yang Sebut Provinsi Padang, Heru: Maksudnya Provinsi Sumatra Barat

Seperti dilansir media Malaysia, Bernama dan Malay Mail, Minggu (16/5/2021), Muhyiddin mengatakan dia sangat terganggu mendengar dari Haniyeh mengenai penderitaan umat Islam di Palestina, terutama di Gaza.


Baca berita terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler