Berita

Gubernur Mahyeldi Targetkan Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Sumbar lebih Meriah

×

Gubernur Mahyeldi Targetkan Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Sumbar lebih Meriah

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah. [Foto: Dok. Biro Adpim Sumbar]

Padang, Padangkita.com – Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah menargetkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 di Sumbar akan berlangsung lebih semarak dari tahun sebelumnya.

“Kita akan maksimalkan tahun ini, selain penyelenggaraan berbagai kegiatan, kita juga mengajak masyarakat untuk memasang bendera merah putih di rumahnya masing-masing,” kata Gubenur Mahyeldi.

Hal itu ditegaskan Gubernur setelah memimpin rapat bersama Forkopimda terkait kesiapan daerah untuk memperingati HUT ke-78 RI Tahun 2023 di Istana Gubernuran, Jumat (28/7/2023).

Gubernur Mahyeldi mengatakan dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat, diharapkan semangat kebangsaan dapat terus tumbuh dan menjadi fondasi kuat bagi kemajuan Provinsi Sumatra Barat.

“Kita gugah rasa cinta tanah air dan semangat nasionalisme masyarakat, melalui momentum peringatan HUT RI,” ujar Mahyeldi.

Selanjutnya, pada rapat tersebut Gubernur Mahyeldi juga mengajak seluruh jajaran TNI/Polri mulai dari tingkat Provinsi, Forkopimda daerah kabupaten/kota, kecamatan hingga nagari/kelurahan agar menyosialisasikan kepada masyarakat untuk menyemarakan HUT ke-78 RI tahun 2023.

Kemudian terkait agenda kegiatan perlombaan memeriahkan HUT RI tersebut, Gubernur meminta agar betul-betul dapat dikemas secara serius oleh dinas terkait.

“Termasuk lomba video pendek atau konten HUT Kemerdekaan RI oleh Dinas Kominfo dan acara bakti sosial yang digagas oleh UPTD Dinas Kesehatan BKIM bersama HBT, agar dipersiapkan secara matang, sehingga pesan-pesannya tersampaikan secara utuh kepada masyarakat,” ingat Mahyeldi.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Sumbar, Jefrinal Arifin juga mengusulkan sesuai arahan gubernur, agar berbagai kegiatan untuk memeriahkan HUT RI kembali diadakan seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Inilah yang menjadi fokus kami saat ini, mengkoordinasikan dengan seluruh OPD yang akan menggelar kegiatan. Kemasannya harus kreatif dan meanarik demikian arahan Gubernur,” kata Jefrinal Arifin.

Baca juga: Gubernur Mahyeldi dan Kepala Daerah Temui Kepala BNPB Sampaikan 4 Permintaan Ini

Selain itu, ia juga mengatakan nanti juga akan dilakukan pembagian bendera dalam berbagai ukuran kepada masyarakat oleh Pemprov Sumbar, semua Forkopimda nanti akan kita libatkan dalam kegiatan tersebut. [*/adpsb]