Gubernur Mahyeldi Tanam Mangrove dan Cemara Laut di Maligi Pasbar

Penulis: Ahmad Romi
|
Editor: Zulfikar

Simpang Empat, Padangkita.com – Gubernur Sumtra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah menanam mangrove dan cemara laut di Pantai Maligi, Kecamatan Sasak, Kabupaten Pasaman Barat, Rabu (1/9/2021).

Penanaman mangrove dan cemara laut itu bertujuan untuk menekan atau mengurangi hempasan air laut ke bibir pantai, sehingga berkurangnya abrasi pantai di daerah itu.

“Ada sebanyak 8.400 batang mangrove dan cemara laut yang akan kita tanam di sepanjang Pantai Maligi ini dan hari ini secara simbolis kita tanam bersama bupati dan wakilnya,” ujar Gubernur Sumbar, Mahyeldi kepada awak media di lokasi, Rabu (1/9/2021).

Menurut Mahyeldi, tanaman mangrove dan cemara laut ini sangat banyak manfaatnya bagi masyarakat. Selain bisa mereduksi atau menahan tekanan air laut, tanaman itu juga bisa menjadi tempat ikan bertelur dan berkembang biak, serta bisa juga dijadikan lokasi wisata nantinya.

“Saya berharap masyarakat Maligi dapat menjaga dan merawat tanaman ini, agar bisa memberikan manfaat bagi masyarakat ke depannya,” ungkap Mahyeldi.

Ditegaskan Mahyeldi, penanaman mangrove dan cemara laut, karena daerah Maligi dan Sikilang sangat rawan terjadinya abrasi pantai.

Maka, kata Mahyeldi, salah satu solusinya dengan menanam mangrove dan cemara laut untuk menahan hempasan ombak ke bibir pantai.

Selain itu, jelas Mahyeldi, adanya mangrove dan cemara laut juga dapat meningkatkan sektor pariwisata sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

“Saya melihat potensi tanaman kelapa juga cukup baik. Mulai dari olahan kobra hingga produk kelapa lainnya,” papar Mahyeldi.

Namun, jelas Mahyeldi, juga tak dapat dipungkiri bahwa akses transportasi menuju Maligi masih parah dan harus dibangun.

“Akan kita bicarakan dengan anggota DPRD Provinsi Sumbar wilayah pemilihan Pasaman dan Pasaman Barat nantinya, serta Bupati Pasbar agar jalan menuju Maligi bisa segera dibangun,” kata Mahyeldi.

Baca juga: Temui Doni Monardo Saat Berkunjung ke Sumbar, Bupati Hamsuardi Serahkan Proposal Penanggulangan Bencana untuk Pasbar

Selain bupati dan wakilnya, penanaman mangrove dan cemara laut secara seremonial itu juga dihadiri Plt Sekda, Hendra Putra, anggota DPRD Sumbar, Zulkenedi Said, Jono dan Syawal serta beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sumbar, OPD Pasaman Barat dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Pasbar. [zfk]

Terpopuler

Add New Playlist