Berita

Gerindra Sumbar Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Pasbar dan Pasaman

×

Gerindra Sumbar Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Pasbar dan Pasaman

Sebarkan artikel ini
Pengurus DPD Gerindra Sumbar menyerahkan bantuan untuk korban gempa bumi di Pasaman Barat dan Pasaman. [Foto: Ist.]

Simpang Empat, Padangkita.com – DPD Partai Gerindra Sumatra Barat (Sumbar) terus menyalurkan bantuan untuk korban gempa di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) dan Pasaman, Provinsi Sumbar.

Pengurus partai politik pemenang Pemilu 2019 di Sumbar ini mengantarkan langsung bantuan untuk korban gempa di dua daerah paling utara Sumbar yang porak-poranda, Sabtu (26/2/2022).

Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade mengatakan, setelah berkoordinasi dengan Ketua DPC Gerindra Pasbar Maryanto dan Ketua DPC Gerindra Pasaman Bustomi, untuk tahap awal dikirimkan bantuan bahan pokok dan air mineral.

Bantuan didistribusikan di posko masing-masing yaitu di Nagari Kajai, Kecamatan Talamau dan Pinagar Nagari Aua Kuning, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasbar dan Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman.

“Alhamdulillah, Partai Gerindra Sumbar sudah mengirimkan bantuan untuk korban gempa di Pasbar dan Pasaman. Bantuan ini lanjutan dari DPC Gerindra Pasbar sebelumnya dan masih akan menyusul bantuan lainnya. Kami juga akan ke lokasi bencana gempa pekan depan dengan bantuan dari BUMN-BUMN yang akan kita galang bersama,” kata anggota Komisi VI DPR RI ini.

Selain dari DPD Gerindra Sumbar, Anggota DPR RI asal Sumbar II Ade Rezki Pratama juga turut menyalurkan bantuan, Minggu (27/2/2022) di Pasbar dan Pasaman.

“Kami juga turut menyalurkan beras, minyak goreng, gula pasir, mie instans, kain sarung, selimut, genset, air mineral, biscuit dan makanan pendamping ASI untuk para korban gempa,” kata Ade Rezki yang berkoordinasi dengan DPC Gerindra di dua kabupaten.

Sekretaris DPD Partai Gerindra Sumbar Evi Yandri Rajo Budiman bersama tim DPD yang langsung ke lokasi menyebutkan, bantuan yang diserahkan berupa 1 ton beras, 350 kardus mi instan, 25 kardus sarden dan 350 kardus air mineral dan lainnya.

“Juga menyusul lima tenda untuk pengungsi di Kajai, Pasbar dan mungkin juga di Pasaman,” kata Anggota DPRD Sumbar ini.

Evi Yandri mengatakan, Partai Gerindra sangat berduka dengan bencana gempa yang terjadi di Pasbar dan Pasaman. Karena itu, Gerindra begitu serius membantu para korban bencana sejak awal terjadi Jumat (25/2/2022) pagi.

“Kami adalah partai yang serius membantu masyarakat setiap saat. Apalagi di saat bencana terjadi, pasti akan turun paling depan,” kata anggota DPRD Dapil 1 Sumbar (Kota Padang) ini.

Ketua DPC Gerindra Pasbar Maryanto menyebutkan, mereka terus mendampingi para korban. Menyalurkan bantuan ke tenda-tenda pengungsi.

“Alhamdulillah, hari ini bertambah lagi dari DPD Gerindra Sumbar dan kami salurkan langsung ke para korban,” kata Maryanto.

Di Pasbar, pengurus Gerindra Sumbar dan DPC Pasbar mendatangi tiga titik yang dianggap sangat terdampak gempa berkekuatan magnitudo 5,2 dan 6,1 Jumat (25/2/2022) itu. Pertama, tim menurunkan bantuan di Pinagar Nagari Aua Kuning, Kecamatan Pasaman, Pasbar. Bahan-bahan pokok langsung ditinggalkan di posko Gerindra yang telah berdiri tiga jam setelah terjadi gempa.

Erwin, Kepala Jorong Pinagar sangat berterima kasih atas bantuan Partai Gerindra yang tidak putus-putus.

“Untuk di daerah ini, hanya Partai Gerindra yang begitu peduli dan pertama-tama datang. Puluhan rumah warga kami hancur total, dan ratusan lainnya rusak. Terima kasih Partai Gerindra dan siapa saja yang telah membantu kami,” katanya.

Penyaluran kedua dilakukan di Posko Kajai, Kecamatan Talamau, Pasbar. Tim DPC sudah dua hari berjibaku di posko bersama dengan warga. “Posko di Kajai adalah posko utama kami. Di sini, hampir semua bantuan dikumpulkan dan didistribusikan,” kata Ketua DPC Gerindra Pasbar Maryanto.

Tak berhenti di sana, Gerindra juga bergerak menemui sekitar 500 kepala keluarga (KK) di Mudik Simpang, Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Pasbar korban gempa belum tersentuh bantuan dari pemerintah hingga Sabtu (26/2/2022) sore. Bahkan sejumlah warga sedang menderita sakit dan terbaring di tenda darurat yang didirikan warga dari terpal-terpal pertanian.

“Kami datang dan serahkan bantuan yang dibawa dari Padang. Selain menurunkan bantuan, kami juga meminta Puskesmas membawa satu orang korban gempa yang ternyata belum dibawa ke rumah sakit sejak kejadian,” kata Maryanto didampingi Ketua DPRD Pasbar Eriyanto.

Sementara di Kabupaten Pasaman, tim Gerindra menyerahkan bantuan untuk korban gempa di Kantor Camat Tigo Nagari langsung kepada Bupati Pasaman Benny Utama.

“Terima kasih kepada Partai Gerindra dan PIRA-nya yang langsung menyerahkan bantuan untuk warga kami yang terdampak gempa. Semoga terus semangat dan bekerja untuk rakyat,” kata Benny Utama.

Usai dari Kantor Camat, tim juga bergerak ke sejumlah titik yang masih diisi pengungsi yang berkelompok-kelompok. Sekretaris DPD Gerindra Sumbar Evi Yandri langsung menurunkan bantuan beras, sarden, mi instan dan air mineral kepada warga yang memilih bertahan di luar rumah mereka, karena gempa susulan masih terasa.

Baca juga: Soal Listrik dan Internet di Daerah Gempa, Andre Rosiade Hubungi Langsung Direksi PLN dan Telkomsel

Ketua DPC Gerindra Pasaman yang juga Ketua DPRD Pasaman Bustomi mengaku salut dengan tim Gerindra Sumbar yang berani langsung datang ke titik-titik korban gempa. “Ini adalah bukti, Partai Gerindra bekerja untuk rakyat, untuk membantu di saat dibutuhkan. Sesuai dengan arahan Ketua Umum Pak Prabowo dan Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade,” kata dia. [*/pkt]