Gerak Cepat, Bupati Sutan Riska Kunjungi dan Serahkan Bantuan untuk Ponpes Nurul Iman yang Terbakar

Penulis: Redaksi

Pulau Punjung, Padangkita.com – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan terjun langsung ke lapangan untuk memastikan kondisi Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Imam yang terbakar pada Rabu (15/9/2021) dini hari.

Kedatangan orang nomor satu di Dharmarraya itu, selain meninjau lokasi, juga menyerahkan bantuan untuk pondok pesantren.

Di lokasi, Sutan Riska menyampaikan turut berduka atas musibah yang terjadi.

Lalu, Sutan Riska menyerahkan bantuan tanggap bencana berupa logistik dan bantuan hibah senilai Rp20 juta.

Tak hanya itu, Sutan Riska juga menginstruksikan pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait mencarikan bantuan lain untuk Ponpes Nurul Iman.

Pulau Punjung, Padangkita.com - Bupati Sutan Riska terjun langsung ke lapangan untuk memastikan kondisi Ponpes Nurul Imam yang terbakar.
Kondisi Ponpes Nurul Iman pasca-terbakar. [Foto: Dok. Humas Pemkab Dharmasraya]
Kabid Anggaran BKD Dharmasraya, Rasymi Nofriadi menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dapat memberikan bantuan senilai Rp20 juta untuk kerugian diatas Rp300 juta.

“Dilihat tadi memang kerugiannya diperkirakan diatas Rp300 juta. Untuk itu, pemerintah daerah bisa memberikan bantuan Rp20 juta, yang dibebankan melalui belanja tak terduga. Tentunya, dengan kelengkapan administrasi, seperti pengajuan permohonan, kemudian diverifikasi oleh Dinas Sosial dan dibuatkan SK Bupatinya,” ujar Nofriadi.

Lalu, untuk bantuan bangunan fisik, ucap Nofriadi, akan dibantu melalui belanja program kegiatan OPD yakni Dinas PUPR.

“Mungkin (bantuan fisik) berkisar Rp200 juta, yang akan dianggarkan pada APBD di awal tahun 2022. Tapi, nanti dilihat dulu hasil survei Dinas PU. Apa-apa yang akan dibangun, apa-apa yang perlu diganti, berapa nilai riilnya nanti berdasarkan hasil survei itu,” paparnya.

Baca juga: Pesantren Nurul Iman Sitiung Dharmasraya Terbakar, 6 Bangunan Hangus

Selain itu, Dinas Sosial P3APPKB juga akan mengupayakan bantuan dari Dinas Sosial Provinsi Sumatra Barat. [adv]

Terpopuler