Genius Umar Dianugerahi Satyalancana Wira Karya pada Peringatan Hari Nusantara

Penulis: Redaksi

Wakatobi, Padangkita.com  Wali Kota Pariaman Genius Umar menerima anugerah Satyalancana Wira Karya bidang pengelolaan, pengembangan dan pembangunan kelautan dari Presiden.

Bersama Genius Umar, juga ada 3 kepala daerah lainnya menerima anugerah yang sama.

Tanda anugerah disematkan oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, pada peringatan puncak Hari Nusantara tahun 2022, di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Selasa (13/12/2022).

Bahlil dalam sambutannya menyampaikan, Indonesia adalah negara maritim, dan Hari Nusantara merupakan hari penting, di mana pada tanggal 13 Desember ditandatangani Deklarasi Djuanda.

“Deklarasi ini menjadikan laut Indonesia lebih luas dari 3 mil menjadi 12 mil laut, sehingga potensi kelautan kita semakin luas,” ujarnya.

Peringatan kali ini mengangkat tema “Penguatan Ekonomi Maritim melalui Kolaborasi Investasi Berkelanjutan untuk Infonesia Bangkit Lebih Kuat”. Bahlil menyebutkan, ekonomi maritim merupakan ekonomi biru yang berkelanjutan bagi anak cucu nanti.

“Oleh sebab itu, kita harus menyiapkan SDM generasi muda dan terus menjaga potensi maritim Indonesia,” kata Bahlil.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan, anugerah tersebut merupakan apresiasi terhadap program Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja) bidang kelautan dan perikanan yang berhasil mengoptimalkan kawasan pesisir perkotaan.

Kemudian, program pengembangan kawasan ekowisata bahari berkelanjutan dan waterfront city.

Kedua program tersebut berhasil meningkatkan ekonomi masyarakat dan kesadaran masyarakat pada lingkungan, sesuai dengan petikan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 123/TK/Tahun 2021 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya ini.

“Kedua program unggulan ini telah mengantarkan Kota Pariaman menerima penghargaan tersebut. Tentunya itu berkat kerja keras dan kerja sama pemerintah dan masyarakat Kota Pariaman,” ujar Genius usai penyematan tanda anugerah.

“Presiden RI melalui pemerintah pusat, telah mengakui Saga Saja dan waterfront city, mampu menghasilkan SDM di bidang perikanan dan kelautan, pelestarian lingkunngan serta meningkatkan ekonomi masyarakat Kota Pariaman,” sambungnya.

Oleh sebab itu, lanjut dia, sesuai dengan tema peringatan Hari Nusantara, Kota Pariaman telah menyiapkan ekonomi biru yang berkelanjutan.

Baca juga: Dipercaya Lemhanas Jadi Narasumber, Genius Umar Paparkan Waterfront City

“Kita telah memanfaatkan potensi maritim dan lingkungan di Kota Pariaman tanpa merusak lingkungan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar,” ujar Genius Umar. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist