Gempa dengan Magnitudo 3,4 Terjadi di Mentawai dan Bukittinggi Hari Ini

Penulis: Redaksi
|
Editor: Zulfikar

Berita Sumbar hari ini: Gempa dengan magnitudo 3,4 terjadi di Bukittinggi dan Mentawai hari ini.

Padang, Padangkita.com – Gempabumi dengan magnitudo 3,4 terjadi di Kota Bukittinggi dan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat (Sumbar) hari ini, Jumat (19/2/2021).

Data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang, di Bukittinggi terjadi gempabumi tektonik dengan magnituo 3,4 dengan getaran terasa di Kota Bukittinggi dan sekitarnya.

“Hari Jumat, 19 Februari 2021 pukul 10.32 WIB telah terjadi gempa tektonik di Bukittinggi, Sumbar. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo 3,4,” ujar Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang, Irwan Slamet melalui rilis yang diterima Padangkita.com, Jumat (19/2/2021).

Pusat gempa itu tercatat pada koordinat 0.27 Lintang Selatan (LS) dan 100.31 Bujur Timur (BT) atau 7 kilometer barat laut Bukittinggi.

“Gempa tektonik tersebut terjadi pada kedalaman 5 kilometer,” ungkapnya.

Gempabumi tersebut, jelas Irwan, merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Sumatra segmen Sianok.

Irwan mengimbau agar masyarakat tetap tenang. “Diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa sebelum kembali ke dalam rumah,” katanya.

Lalu, untuk gempabumi di Mentawai, terjadi pada pukul 17.04 WIB dengan magnitudo sama dengan yang terjadi di Bukittinggi, yaitu 3,4.

Informasi gempabumi di Mentawai diposting di akun instagram Pusdalops Kota Padang. Namun, tak ada keterangan resmi terkait gempa di Mentawai yang diririlis BMKG.

Baca juga: Kata BMKG Soal Gempa Mangitudo 4,2 di Tua Pejat Mentawai

Pusat gempa di Mentawai yaitu 1,48 LS – 99,71 BT atau 71 kilometer tenggara Pulau Siberut, Mentawai dengan kedalaman 18 kilometer. [zfk]


Baca berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist