Kata BMKG Soal Gempa Mangitudo 4,2 di Tua Pejat Mentawai

Penulis: Muhammad Aidil
|
Editor: Zulfikar

Berita Mentawai terbaru dan berita Sumbar terbaru: Gempa bumi dengan magnitudo 4,2 terjadi Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kamis (28/1/2021) sekitar pukul 19.03 WIB.

Tua Pejat, Padangkita.com – Gempa bumi dengan magnitudo 4,2 terjadi Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kamis (28/1/2021) sekitar pukul 19.03 WIB.

Data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) titik gempa itu 2 Lintang Selatan (LS) – 99.72 Bujur Timur (BT) atau 14 kilometer Timur Laut Tua Pejat.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Silaing Bawah, Irwan Slamet mengatakan, jenis dan mekanisme gempa bumi, lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Mentawai.

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat, kata Irwan, berupa guncangan dirasakan di wilayah Tuapejat II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu) .

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujar Irwan dalam keterangan tertulisnya yang diterima Padangkita.com, Kamis (28/1/2021).

Hingga pukul 20.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

“BMKG merekomendasikan kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ungkap Irwan.

Irwan menambahkan, agar masyarakat mendapatkan informasi resmi yang bersumber dair BMKG yang disebarkan melalui akun resmi dan telah terverifikasi.

Baca juga: Gempa Magnitudo 4,2 Terjadi di Mentawai

“Bisa di twitter, Instagram atau di website https://www.bmkg.go.id dan inatews.bmkg.go.id. Bisa juga melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg,” katanya. [zfk]


Baca berita Mentawai terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler