Gelar Rapat Paripurna, DPRD Sumbar Tetapkan Mahyeldi-Audy Sebagai Kepala Daerah Terpilih

|
Editor: Rina Akmal

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: DPRD Sumbar menggelar rapat paripurna dalam rangka pengumuman dan penetapan gubernur dan wakil gubernur terpilih

Padang, Padangkita.com– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) menggelar rapat paripurna dalam rangka pengumuman dan penetapan gubernur dan wakil gubernur terpilih. Acara berlangsung di Kantor DPRD Sumbar, Selasa (23/2/2021).

Pada kesempatan itu, hadir pimpinan dan anggota DPRD Sumbar, pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy, perwakilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumbar, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar, Kepolisian Daerah Sumbar, dan sebagainya. Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Sumbar Supardi.

Pada kesempatan itu, Supardi mengucapkan selamat kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar terpilih. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terkait, yang telah menyelenggarakan Pilkada Serentak dengan lancar di Sumbar.

Sesuai dengan Pasal 101 Ayat 1 Huruf e Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014, salah satu tugas DPRD, adalah mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian gubernur dan wakil gubernur kepada presiden melalui menteri untuk mendapatkan pengesahan pengangkatan dan pemberhentiannya.

Kemudian, dalam Pasal 160 A Ayat 1 UU Nomor 16 Tahun 2010, dijelaskan usul pengesahan pengangkatan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih kepada presiden melalui menteri, dilakukan lima hari sejak KPU Provinsi menyampaikan penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar.

Sehubungan dengan hal tersebut, KPU Sumbar telah menyampaikan kepada DPRD tentang penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih.

“Untuk menindaklanjuti keputusan KPU Sumbar dan pelaksanaan tugas dan kewenangan DPRD, izinkan pada rapat paripurna ini, kami atas nama lembaga DPRD Sumbar mengumumkan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih dalam Pemilihan Gubernur Sumbar tahun 2020,” ujar Supardi saat penetapan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih.

Diketahui, dalam Pasal 160 Ayat 4 UU Nomor 10 Tahun 2016 dinyatakan pengesahan pengangkatan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dilakukan paling lambat 14 hari hari kerja sejak diterima usulan.

Supardi mengatakan, DPRD Sumbar segera menyampaikan usul pengesahan pengangkatan pasangan calon terpilih kepada presiden melalui Menteri Dalam Negeri untuk segera mendapatkan pengesahannya.

“Kita tentu berharap pengesahan pengangkatan gubernur dan wakil gubernur Sumbar ini dapat ditetapkan paling lama 14 hari sejak usulan disampaikan,” jelas Supardi.

Pada kesempatan itu, Penjabat Gubernur Sumbar Hamdani mengapresiasi rapat paripurna pengumuman dan penetapan usul pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar terpilih. Dia mengucapkan selamat kepada Mahyeldi-Audy sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih.

Baca juga: KPU Sumbar Tetapkan Pasangan Mahyeldi-Audy Sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih

“Harapan kita adalah secepat mungkin proses pelantikan dapat dilaksanakan,” ujarnya. [rna]


Baca berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist