Gebu Minang Sumbar Bakal Pilih Ketua Baru Dalam Muswil Besok

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Gebu Minang bakal mengadakan Musyawarah Wilayah (Muswil) besok, Sabtu (11/9/2021) di Padang. Agenda utamanya, pemilihan ketua DPW Gebu Minang Sumatra Barat (Sumbar).

Saat ini DPW Gebu Minang Sumbar dipimpin oleh Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Chairul Umaiya. Ia mengisi jabatan yang kosong setelah Ketua DPW Boy Lestari Datuak Palindih meninggal dunia Januari 2021 lalu.

Ketua Panitia Pelaksana (Organizing Committee/OC) Muswil Dian Anggraini menyebutkan telah menyiapkan segala keperluan untuk Muswil. Rencananya, Muswil yang akan diadakan di The Premiere Grand Zuri Hotel itu dibuka oleh Gubernur Sumbar.

Sementara itu, soal siapa yang akan maju sebagai ketua, sejumlah nama telah mengapung. Antara lain Fadly Amran yang saat ini menjabat Wali Kota Padang Panjang. Kemungkinan Fadly bakal maju sebagai calon ketua Gebu Minang Sumbar, dibenarkan Kepala Dinas Kominfo Padang Panjang Ampera Salim.

Fadly Amran dan Irfendi Arbi

Selain itu ada juga nama Irfendi Arbi, mantan Bupati Limapuluh Kota yang juga Ketua DPD Gebu Minang Limapuluh Kota. Namun ketika dikonfirmasi, Irfendi mengaku belum dapat memastikan.

“Sebetulnya kalau demi Sumbar siapapun pasti siap. Namun, sekarang eranya anak muda. Kalau ada yang lebih muda, sebaiknya itu yang akan kita dukung bersama. Cuma, kita lihat besoklah di Muswil,” ujar Irfendi yang dihubungi Padangkita.com lewat telepon selulernya.

Chairul Umaiya menambahkan, pemilihan ketua akan dilakukan secara langsung oleh beberapa perwakilan DPP, DPW, dan DPD dan organisasi otonom. Ia menyebutkan, masing-masing kepengurusan punya satu suara untuk pemilihan ketua.

“Jadi, kabupaten/kota 19 suara, DPW 1 suara, DPP 1 suara, organisasi otonom 1 suara. Total suara untuk pemilihan nanti 22,” jelas Chairul soal teknis pemilihan.

Tentang penyusunan pengurus, kata Chairul, diserahkan sepenuhnya kepada ketua terpilih.

“Jadi, sekarang kan pandemi. Biar memudahkan, kita serahkan menyusun pengurus ke ketua terpilih,” ujarnya.

Baca juga: Mengenal Salawat Dulang, Tradisi Salam dan Doa untuk Nabi Serta Penyambut Perantau yang Pulang Kampung

Gebu Minang adalah organisasi masyarakat dalam gerakan ekonomi dan budaya Minangkabau. Saat ini, di pengurus pusat atau DPP, Gebu Minang dipimpin oleh Ketua Umum Oesman Sapta Odang atau OSO. (*/pkt)

Terpopuler