Evaluasi KPU Terhadap Pilkada Bukittinggi 2020, Partisipasi Pemilih Naik 12 Persen

Penulis: Agg

Berita Bukittinggi hari ini, berita Sumbar hari ini dan berita Pilkada Sumbar hari ini: Jumlah partisipasi pemilih pada Pilkada 2020 di Kota Bukittinggi meningkat 12 persen.

Bukittinggi, Padangkita.com – Jumlah partisipasi pemilih pada Pilkada 2020 di Kota Bukittinggi meningkat 12 persen, dibandingkan pada pemilihan kepala daerah sebelumnya.

“Evaluasi pilkada 2020 ini, ada kenaikan partisipasi pemilih sebesar 12 persen,” kata Ketua KPU Bukittinggi, Heldo Aura, Selasa (16/2/2021).

Heldo menyebutkan, pilkada 2020 jumlah partisipasi pemilih sebesar 72,4 persen. Sedangkan pada pemilihan pilkada sebelumnya hanya mencapai 60 persen.

Hal itu, kata Heldo, membuktikan kesadaran masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya di TPS (tempat pemungutan suara) meningkat melalui berbagai sosialisasi yang dilakukan. Meski dalam situasi pandemi masyarakat tetap menggunakan hak pilihnya dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Pilkada 2020 dilaksanakan dalam situasi pandemi, dan sejauh ini tidak ada klaster pemilihan. Semua berjalan lancar karena baik pemilih maupun penyelenggara menerapkan protokol Covid-19,” ungkapnya.

Baca juga: Erman Safar-Marfendi Ungguli 2 Petahana di Pilkada Bukittinggi, Irwandi Ucapkan Selamat

Di samping itu, tambah Heldo, Bukittinggi juga tidak ada sengketa dan gugatan pemilu. Semua peserta pemilu menerima hasil pilihan masyarakat. [pkt]


Baca berita Bukittinggi hari ini, berita Sumbar hari ini dan berita Pilkada Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist