Erman Safar-Marfendi Ungguli 2 Petahana di Pilkada Bukittinggi, Irwandi Ucapkan Selamat

Penulis: Agg

Bukittinggi, Padangkita.com – Penghitungan suara secara real count Pilkada 2020 Kota Bukittinggi menunjukkan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar-Marfendi unggul sementara dari dua pasangan lain, Ramlan Nurmatias-Syahrizal dan Irwandi-David Chalik.

Berdasarkan data di laman resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU), penghitungan suara sudah mencapai 53,22 persen pukul 15.30 WIB, Kamis (10/12/2020). Jumlah suara sah yang telah dilaporkan berasal dari 124 tempat pemungutan suara atau TPS dari total 233 TPS yang tersebar di 3 kecamatan.

Dari perhitungan sementara itu, paslon Erman Safar-Marfendi dengan nomor urut 2 unggul dengan 45,4 persen atau meraup total 13.119 suara. Pasangan ini menang di 2 kecamatan, yakni Guguak Panjang dan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB).

Sementara pasangan independen Ramlan Nurmatias-Syahrizal dengan nomor urut 1 menguimpulkan 40,3 persen atau 11.632 suara dan unggul di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS). Pasangan Irwandi-David Chalik di urutan terakhir dengan perolehan 4.135 suara atau 14,3 persen.

Hasil hitung cepat yang dilakukan relawan Erman Safar Center juga menyatakan paslon yang diusung Partai Gerindra ini di atas angin. Data hitungan cepat menunjukkan pasangan Erman Safar-Marfendi unggul di 224 TPS dari total 233 TPS yang ada di Kota Bukittinggi.

Marfendi mengatakan, dari data hitungan cepat suara sah Pilkada Kota Bukittinggi tahun 2020 memperlihatkan petahana Ramlan Nurmatias-Syahrizal memperoleh suara 40,40 persen. Paslon nomor urut 2 Erman Safar-Marfendi unggul dengan 45,71 persen dan nomor 3 Irwandi-David Chalik memperoleh 13,88 persen.

“Untuk data sementara memang kita sudah unggul 224 TPS dari 233 TPS yang ada di Kota Bukitinggi. Sesuai hitungan cepat suara sah Pilkada Kota Bukittinggi itu memang sudah data yang akurat mudah-mudahan tidak salah entri,” katanya.

Hasil yang membuat mereka cukup optimistis keluar sebagai pemenang pesta demokrasi di Kota Bukittinggi pada 2020 ini, adalah keunggulan yang dominan di dua kecamatan, yakni ABTB dan Guguak Panjang.

Ia mengimbau seluruh masyarakat Kota Bukittinggi dan para pendukungnya untuk menahan diri dan patuhi proses penghitungan yang sedang berjalan oleh pihak penyelenggara. “Mari kita kawal Pilkada ini semaksimal mungkin, sehingga apa yang kita perbuat tidak memungkiri hasil,” ajaknya.

Senada, Juru Bicara Erman Safar, Pindo mengungkapkan pasangan nomor urut 2 Erman Safar-Marfendi unggul dan akan keluar sebagai pemenang di Pilkada Bukittinggi. Dirinya mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Bukittinggi yang telah berpartisipasi menggunakan hak pilihnya dan telah ikut menciptakan Pilkada Bukittinggi yang aman dan damai.

“Alhamdulillah, Bukittinggi punya Wali Kota baru, Erman-Marfendi menang,” ujar Pindo.

KPU akan Sampaikan Informasi Terang Benderang

Di sisi lain, Ketua KPU Kota Bukittinggi Heldo Aura menuturkan proses penghitungan suara masih berjalan. Rekapitulasi pada aplikasi Sirekap per TPS dengan penghitungan suara per tingkatan, dimulai dari kecamatan, dilanjutkan ke tingkat kota. Di tingkat kota baru ditetapkan hasil pemilihan dan diumumkan.

“Kalau di TPS telah selesai 100 persen penghitungan suara kemarin. Namun upload datanya yang masih berjalan. Kami akan merencanakan rekap di kecamatan besok, sementara di tingkat kota direncanakan tanggal 16 Desember,” kata Heldo.

Ia berharap pesta demokasi yang dilaksanakan ini berjalan lancar tanpa ada kendala. KPU komit dengan transparansi dalam menginformasikan secara terang sehingga masyarakat bisa tahu siapa pemenangnya.

Irwandi Ucapkan Selamat

Sementara itu, Irwandi telah memberikan ucapan selamat pasca-unggulnya Erman Safar-Marfendi dalam Pilkada Bukittinggi 2020. Pada Rabu (9/12/2020) malam, Irwandi langsung mendatangi Rumah Djuang Erman Safar di Jalan By-Pass dan mendapat sambutan hangat dari pendukung Erman Safar.

“Kami ucapkan selamat kepada pasangan nomor urut 2 atas kemenangannya” ucap Irwandi.

Baca juga: 5 Daerah di Sumbar Berpotensi PSU, Ini Daerah dan Penyebabnya

Menurut Irwandi, Pilkada telah usai dan saatnya membangun Bukittinggi secara bersama-sama. “Mari kita habiskan segala gesekan yang terjadi selama ini, kami siap membantu,” ungkap Irwandi Datuak Batujuah.

Irwandi merupakan petahana Wakil Wali Kota Bukittinggi, pada Pilkada ini ia berpasangan dengan aktor David Chalik. [pkt]


Baca berita Bukittinggi terbaru, berita Sumbar terbaru dan berita Pilkada Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist