Dukung PMN PLN Rp10 Triliun, Andre Rosiade Minta Pemerataan Listrik di Pasaman Disegerakan

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Gerindra Andre Rosiade mengapresiasi langkah PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menggunakan penyertaan modal negara (PMN) 2022 untuk membangun infrastruktur kelistrikan, khususnya di kawasan terdepan, terluar dan tertinggal (3T).

Andre mengatakan, pemerataan akses kelistrikan penting segera dilakukan, agar semua masyarakat punya kesempatan yang sama meningkatkan taraf hidupnnya. Ini, kata dia, sesuai dengan prinsip sila ke 5 Pancasila, yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Pak Dirut, saya sudah mendengar paparan Bapak soal PMN tunai tahun 2022 yang sudah dieksekusi. Saya rasa apa yang telah dilakukan PLN ini sesuai dengan manifesto perjuangan Partai Gerindra, bagaimana seluruh rakyat Indonesia bisa menikmati distribusi listrik, ini juga sesuai dengan sila kelima Pancasila yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ungkap Andre dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VI DPR dengan Dirut PT PLN, di Gedung DPR RI, Jakarta, kemarin.

Andre mengatakan, pemerataan akses kelistrikan untuk seluruh masyarakat Indonesia merupakan program yang patut didukung. Karena itu, ia memberikan dukungan politik terhadap proposal PT PLN yang mengajukan PMN tahun 2023 sebesar Rp10 triliun.

“Saya sudah mendengar permohonan Bapak untuk PMN 2023 sebesar Rp10 triliun. Tentunya kami akan memberikan dukungan politik terhadap permohonan itu, dalam rangka memastikan seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke dapat menikmati listrik. Kami memberikan dukungan penuh soal itu,” tegas Andre.

Aspirasi dari Kabupaten Pasaman

Selain wilayah 3T, Andre berharap pemerataan akses kelistrikan juga bisa dirasakan masyarakat di wilayah Pasaman, Sumatra Barat (Sumbar).

Sebagai wakil rakyat dari Sumatra Barat (Sumbar), Andre mendapatkan aspirasi dari tiga Kepala Jorong di Kabupaten Pasaman, yakni Jorong Sinoangon, Jorong Barang Kundur dan Jorong Lanai, terkait belum adanya akses listrik di tiga wilayah tersebut.

“Jadi, Pak Adi Priyanto (Direktur Distribusi PLN), saya mendapatkan aspirasi dari masyarakat. Bahwa meskipun di sana wilayahnya kaya akan sumber daya alam dan menjadi kawasan tambang emas ilegal, tetapi di sana belum teraliri listrik sama sekali. Kami berharap sebagai wakil rakyat asal Sumatra Barat dan meski bukan dapil saya, tapi saya memiliki kewajiban menyampaikan aspirasi ini,” kata Andre.

Ketua DPD Partai Gerindra Sumatra Barat ini berharap, Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto segera menindaklanjuti aspirasi dengan menerjunkan tim ke lapangan. Sehingga masyarakat di tiga jorong di Pasaman tersebut dapat segera menikmati listrik dari negara.

Baca juga: Andre Rosiade Ingatkan ‘PR’ Pemprov Sumbar Soal Pembebasan Lahan Tol Padang-Pekanbaru

“Tolong dibantu Pak, saya harap sebelum Maret tahun 2023 ini bisa dieksekusi. Sehingga kehadiran kami sebagai wakil rakyat bisa dirasakan manfaatnya,” ujar Andre. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist