Dukung Pelajar Perempuan Raih Pendidikan Berkualitas, Amartha Luncurkan Beasiswa Amartha Cendekia

Penulis: Redaksi

Jakarta, Padangkita.com – PT Amartha Mikro Fintek (Amartha), pionir fintech peer-to-peer lending yang berfokus pada pemberdayaan perempuan lewat akses permodalan, meluncurkan program Beasiswa Amartha Cendekia.

Program beasiswa tersebut memberikan santunan pendidikan senilai Rp147 juta rupiah kepada pelajar perempuan terpilih yang berada di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sederajat.

Aria Widyanto, Chief Risk and Sustainability Officer Amartha mengatakan, tahun 2022 merupakan tahun pertama program ini dijalankan.

Beasiswa ini bertujuan untuk mendukung penciptaan karakter perempuan generasi muda yang intelektual dan berkualitas melalui akses pendidikan agar masa depan mereka lebih sejahtera.

“Kami melihat fakta di lapangan, banyak anak perempuan usia pelajar dari lapisan piramida terbawah, terpaksa tidak bisa sekolah karena keterbatasan dana,” ujarnya dalam keterangan yang diterima, Kamis (21/4/2022).

Umumnya, kata dia, orang tua akan mengutamakan pendidikan bagi anak laki-laki, sedangkan anak perempuan akan bersekolah apabila ada dana lebih. Jika tidak ada dana lebih, anak perempuan akan dinikahkan di usia muda.

“Amartha menyadari bahwa anak perempuan juga harus memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan akses pendidikan serta meraih cita-cita. Oleh sebab itu, beasiswa ini kami khususkan bagi pelajar perempuan, agar mereka berkesempatan untuk lebih sukses dan terhindar dari pernikahan anak,” sebutnya.

Beasiswa Amartha Cendekia sejalan dengan visi besar Amartha yaitu ‘Prosperity for Everyone’ di mana Amartha senantiasa berupaya untuk menghadirkan kesejahteraan merata, salah satunya dengan penyediaan beasiswa pendidikan.

Program beasiswa ini direncanakan untuk dapat terus berjalan hingga lima tahun ke depan dan mampu menyalurkan bantuan pendidikan total mencapai 8,5 miliar rupiah.

Melalui beasiswa ini, Amartha memberikan santunan pendidikan senilai Rp3 juta bagi pelajar perempuan terpilih serta pendampingan pendidikan selama satu tahun.

“Selain itu, ada juga tambahan beasiswa senilai lima juta rupiah bagi siswa yang berhasil melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi dengan prestasi yang baik,” sampai Aria.

Sementara itu, Euis Amalia, Dewan Pengawas Syariah Amartha turut menyampaikan dukungannya.

“Sudah semestinya perempuan memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk mengenyam pendidikan, berkarir, dan mengejar cita-citanya. Bahkan dalam Islam pun, kedudukan laki-laki dan perempuan itu setara,” terangnya.

“Apa yang dilakukan Amartha, bisa menjadi awal kontribusi untuk mencetak Kartini-Kartini tangguh di masa mendatang, karena perempuan berkontribusi dalam menyiapkan SDM yang berkualitas melalui pendidikan perempuan,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Beasiswa Amartha Cendekia terbuka untuk umum sehingga dapat diikuti baik oleh para mitra binaan Amartha yang memiliki anak perempuan usia pelajar, maupun non-mitra Amartha.

Bagi peminat Beasiswa Amartha Cendekia, persyaratan dari beasiswa ini yaitu pelajar merupakan siswi SMA/MA/SMK sederajat, anak dari mitra maupun non-mitra di daerah operasional Amartha, sedang menempuh kelas 11, dan mengirimkan informasi rapor, esai motivasi serta sertifikat prestasi yang pernah diraih.

Pendaftaran dilakukan dengan mengisi link bit.ly/amarthacendekia. Peserta akan diseleksi oleh tim Amartha dan pengumuman akan dilaksanakan pada Juli 2022.

Sebagai informasi, sejak 2010, Amartha sebagai perusahaan fintech P2P lending fokus memberikan pembiayaan serta pelatihan kewirausahaan kepada perempuan pengusaha mikro di pedesaan.

Baca Juga: Amartha Telah Salurkan Pinjaman Rp208 Miliar di Sumbar, Begini Target 2022

Komitmen Amartha dalam pemberdayaan perempuan telah mendapat pengakuan dari UN Women dalam The Women’s Empowerment Principles (WEPs) Awards pada tahun 2021 lalu, yang meraih penghargaan pada kategori Community Engagement and Partnerships. [fru]

Terpopuler

Add New Playlist