Duduk Perkara dan Konstruksi Kasus Dugaan Korupsi Ganti Rugi Lahan Jalan Tol Padang-Sicincin

Penulis: Fuadi Zikri

“Jadi, saat adanya pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol, orang-orang yang dulu telah mendapatkan ganti rugi tanam tumbuh dan bangunan atas tanah yang telah dibebaskan untuk pembangunan kawasan IKK muncul kembali,” kata Suyanto.

“Mereka muncul ada dengan surat baru dan segala macam. Nah inilah karena adasurat baru jadi kami dalam penetapan tersangka ini ada yang orang ASN, ada orang BPN dan masyarakat karena ada perannya, mereka saling keterlibatan,” ulasnya.

Suyanto menambahkan, munculnya orang-orang tersebut tidak bisa dipungkiri karena ganti rugi pada saat pembebasan lahan untuk pembangunan kawasan IKK tak sebesar ganti rugi pembangunan jalan tol.

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Anggota DPD RI meninjau pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru seksi Padang-Sicincin.
Jalan Tol Seksi I Padang-Sicincin yang telah selesai dibangun. [Foto: Fakhru/padangkita.com]
“Kalau dilihat dari fakta hukum, ganti rugi saat pembangunan kawasan IKK kan tidak memadai, tidak seperti untuk tol. Untuk tol ini, mereka ada yang mendapat empat miliar, adanya dapat tiga, dapat lima, nah inilah kita kemulasi dan dapat kerugiannya Rp27,859 miliar,” jelasnya.

Meski begitu, Suyanto mengatakan, soal kerugian ini pihaknya akan mengecek lagi jumlah pastinya. Sebab, komulasi angka kerugian itu diperoleh penyidik dari data kwitansi para pelaku penerima ganti rugi. Selain itu, penyidik juga akan terus mendalami kasus ini untuk mencari kemana aliran dana tersebut singgah.

Sebelumnya, kasus ini dinaikkan ke tingkat penyidikan dari tingkat penyelidikan pada Kamis (21/10/2021) minggu lalu dan 13 orang tersebut ditetapkan sebagari tersangka pada Rabu (27/10/2021) lalu dalam 11 berkas perkara.

Mereka masing-masingnya berinisial SS (perangkat Nagari), YW (ASN), J, RN, dan US (Anggota P2T BPN) dan BK, NR, SB, KD, AH, SY, RF, dan SA (masyarakat penerima ganti rugi). Hingga kini semua tersangka belum ditahan. [pkt]

Terpopuler

Add New Playlist