Dua Pekan Operasi Sikat Singgalang, Polisi Bekuk 62 Tersangka

Padang, Padangkita.com – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat (Sumbar) menangkap 62 orang tersangka selama Operasi Sikat Singgalang 2022.

“Mereka terdiri atas 60 laki-laki dan dua perempuan,” ujar Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Dwi Sulistyawan kepada sejumlah wartawan saat konferensi pers di Mapolda Sumbar, Jumat (16/9/2022).

Dia menuturkan, puluhan tersangka itu diamankan selama 14 hari pelaksanaan operasi yakni 18 – 31 Agustus 2022.

Operasi ini digelar oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumbar dan lima Polres jajaran, yakni Polresta Padang, Polres Bukittinggi, Polres Pariaman, Polres Padang Pariaman, Polres Pasaman Barat, dan Polres Payakumbuh. Sementara, Polres lainnya melakukan timbangan.

“Operasi digelar karena adanya peningkatan gangguan kamtibmas terutama yang berkaitan dengan kejahatan 3C, yakni pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan, dan pencurian kendaraan bermotor,” jelasnya.

Menurut Dwi, kejahatan 3C memang marak terjadi di Sumbar. Salah satu penyebabnya karena perekonomian para tersangka mengalami terdampak karena pagebluk Covid-19.

“Sehingga para tersangka mencari jalan pintas untuk mendapatkan uang, apalagi mereka kebanyakan adalah pengangguran,” sebut Dwi.

Menurutnya, puluhan tersangka tersebut diamankan melalui pengungkapan 54 kasus, terdiri atas 51 kasus pencurian dengan pemberatan, dan tiga kasus pencurian dengan kekerasan.

Baca Juga: Sandiaga Uno Resmikan Gedung Youth Center, Padang Bakal Jadi Tuan Rumah Event Kelas Dunia

Atas hal tersebut, pihaknya pun mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. [fru]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist