Berita

DPRD Kota Padang Usulkan Tiga Nama Calon Pj Wali kota, Ini Sosoknya

×

DPRD Kota Padang Usulkan Tiga Nama Calon Pj Wali kota, Ini Sosoknya

Sebarkan artikel ini
Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani memberikan keterangan pada awak media. [Foto : Padangkita]

Padang, Padangkita.comDewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang resmi mengusulkan tiga nama calon Penjabat (Pj) Wali kota Padang kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Usulan tersebut disampaikan setelah menggelar rapat pimpinan yang diperluas dengan ketua fraksi-fraksi di DPRD Kota Padang pada, Senin (4/12/2023).

Ketiga nama yang diusulkan tersebut adalah Andree Harmadi Algamar, yang saat ini menjabat Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Padang.

Lalu berikutnya adalah, Rosail Akhyari Pardomuan, yang saat ini menjabat Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKAD) Provinsi Sumatra Barat dan terakhir, Hendrizal Azhar yang merupakan Sekretaris DPRD Kota Padang.

“Pengusulan tiga nama ini, sesuai dengan kewenangan DPRD berdasarkan regulasi yang ada, kami memiliki hak mengusulkan Pj Wali kota,” kata Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani Datuk Rajo Jambi, usai rapat tersebut, Senin (4/12/2023).

Ia mengatakan, usulan nama-nama calon Pj Wali kota Padang itu akan disampaikan ke Kemendagri pada Senin (4/12/2023) siang.

“Kita berharap, hasilnya keluar dalam waktu dekat, karena terhitung 31 Desember 2023, masa jabatan Wali kota dan Wakil Wali kota berakhir. Artinya apa, per 1 Januari 2024, harus sudah ada,” tutur Syafrial Kani.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar juga mengungkapkan bahwa surat berakhirnya masa jabatan telah dikirim dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang.

“Iya suratnya sudah ada, informasi dari Sekwan. Saat ini sedang diusulkan persiapan pengiriman nama calon penjabat (Pj) paling lambat 6 Desember,” ujarnya pada Padangkita.com, Kamis (30/11/2023).

Lebih lanjut ia menambahkan, dari pemberitahuan Sekwan bahwa masa jabatan akan berakhir per 31 Desember 2003.

Baca Juga: Masa Jabatan Segera Usai, Usulan Pj Wali Kota Padang Paling Lambat 6 Desember

“Masa jabatan masih ada sampai 31 Desember, jadi kita akan selesaikan dulu dengan baik, karena masih ada waktu sebulan,” ujarnya. [*/hdp]

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News