Dipertanyakan Soal Tak Karantina karena Baru Tiba dari Luar Negeri, Ini Penjelasan Guspardi Gaus

Penulis: Redaksi

Sebelumnya, pada awal rapat, Guspardi mengaku baru tiba dari luar negeri tepatnya Kirgistan. Namun, ia menolak untuk dikarantina lantaran beralasan karena hanya berkunjung dan tidak menetap di Kirgistan dalam waktu yang lama.

“Saya baru datang dari Kirgistan. Saya cemas juga semalam, mau diinapkan di hotel. Dan memang cara-cara yang dilakukan tidak baik oleh Departemen Kesehatan,” kata Guspardi.

Menurut mantan anggota DPRD Sumbar tersebut, yang seharusnya dikarantina adalah mereka yang menetap di suatu negara dalam waktu yang lama. Menolak dikarantina, Guspardi beralasan karena ingin mengikuti rapar kerja Panja RUU Otsus Papua yang dilaksanakan hari ini.

“Harusnya yang dikarantina itu adalah orang-orang yang tinggal di luar negeri. Jadi diperlakukan tidak baik. Karena apa, saya ingin hadir pada kegiatan ini,” ujarnya.

Hadir Demi Tugas dan Tanggung Jawab

Dihubungi Padangkita.com, Guspardi menjelaskan, soal dirinya tidak karantina itu sebetulnya tidak ada masalah. Menurut dia, hal itu hanya miskomunikasi saja.

“Saya di negara asal melakukan (test) PCR dan di negara kita juga sudah hasilnya negatif cuma yang ini tidak saya ungkapkan di rapat itu tadi,” kata Guspardi.

“Soal itu juga sudah sampaikan ke Ketua Fraksi (PAN) yang kebetulan juga diajukan pertanyaan yang sama oleh media ke saudaraku Saleh (anggota DPRD Saleh Partaonan Daulay) dan itu sudah saya klarifikasi tadi ke beliau,” ungkapnya.

“Kebetulan tadi saya hadir rapat Panja Otsus Papua secara fisik, kebetulan pada pengantar saya ketika itu saya menyinggung tentang SOP (standard operating procedure) bagi yang datang dari luar negeri.”

Baca juga: Guspardi Gaus Sebut Usulan Penggantian Nama Daerah Istimewa Minangkabau Sudah Diterima DPR RI

“Maksud komentar saya itu sebetulnya adalah walau sebetulnya kehadiran secara fisik bagi saya bukanlah merupakan kewajiban tetapi demi tugas dan tanggung jawab baik secara pribadi fraksi dan partai saya tetap hadir untuk bersama-sama memberikan saran pendapat dan penyempurnaan terhadap pembahasan DIM (daftar inventarisasi masalah) yang kita lakukan pada hari ini.” (*/pkt)

Terpopuler

Add New Playlist