Dipastikan Tak Mundur, Jepang Bakal Garap Smart City IKN

Penulis: Isran Bastian

Jakarta, Padangkita.com – Jepang dipastikan tidak akan mundur dari rencana investasi pembangunan ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. Kepastian ini disampaikan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Rachmat Gobel yang telah bertemu dengan sejumlah petinggi di Jepang untuk mendapat kepastian ini.

“Jadi rumor bahwa Jepang mundur dari IKN itu tidak benar. Jepang ingin terus berkontribusi bagi kemajuan Indonesia,” kata Gobel, dalam siaran persnya, dikutip Padangkita.com, Minggu (3/4/2022).

Dalam kunjungannya ke Jepang, Gobel bertemu dengan sejumlah politisi, pejabat senior dan pengusaha asal Jepang untuk mengonfirmasi kabar yang menyebut Jepang mundur dari pembangunan IKN.

Gobel juga mengungkapkan, Jepang sangat berpengalaman dalam membangun smart city, yang rencananya akan diterapkan di IKN baru kelak.

“Kota-kota di Jepang sangat ramah lingkungan dan berwawasan teknologi maju, karena itu sangat tepat jika Jepang bisa terlibat dalam pembangunan IKN,” beber dia.

Politisi Partai Nasdem itu juga menuturkan, selama ini investasi Jepang di Indonesia pun tidak pernah menimbulkan gesekan sosial karena Jepang tidak membawa tenaga kerja dalam jumlah masif, kecuali tenaga ahli. Investasi Jepang, kata Gobel, juga membawa kemajuan bidang teknologi bagi Indonesia serta membangun sumber daya manusia Indonesia.

“Sudah puluhan tahun tak menimbulkan masalah berarti,” ujar pria yang menjabat sebagai ketua umum Perhimpunan Persahabatan Indonesia Jepang tersebut.

Gobel menilai pembangunan IKN sangat strategis bagi kawasan timur Indonesia yang menurutnya masih tertinggal dibandingkan kawasan barat Indonesia. Menurutnya, wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur akan menikmati hasil pembangunan IKN .

“Ini akan memiliki dampak yang sangat besar. Tak hanya memberikan kemakmuran tapi juga meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di kawasan tersebut,” kata Gobel.

Selain tentang pembangunan IKN, pertemuan Gobel dengan para petinggi Jepang juga membicarakan tentang investasi Jepang pada proyek MRT Jakarta, rencana KTT G20 di Indonesia, serta masalah pertanian dan pangan.

Baca Juga: Bakal Indah! Indonesia Bangun Tol Terowongan Bawah Laut di IKN

Beberapa pihak yang ditemui Gobel antara lain petinggi Japan International Cooperation Agency (JICA) dan Japan Bank for International Cooperation (JIBC) serta Ketua Japan Indonesia Friendship Association sekaligus mantan Perdana Menteri Jepang Yasuo Fukuda. [*/isr]

Terpopuler

Add New Playlist