Bakal Indah! Indonesia Bangun Tol Terowongan Bawah Laut di IKN

Penulis: Isran Bastian

Samarinda, Padangkita.com – Pemerintah Indonesia bakal membangun terowongan bawah laut di Pulau Kalimantan. Proyek strategis nasional ini merupakan terowongan Tol untuk menyambung wilayah IKN di Penajam Paser, Kalimantan Timur yang tersambung dari Tol Balikpapan – Samarinda.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit menjelaskan infrastruktur untuk penyeberangan sungai selama ini menggunakan jembatan, tapi nanti di sana akan dibangun dengan menggunakan teknologi submersible structure atau di bawah permukaan air.

“Jadi nanti terkoneksi tol Balsam (Balikpapan-Samarinda), nanti ada satu tempat menyambung ke IKN di situ nanti saat menyeberang sungai menggunakansubmersible structure,” jelas Danang dalam keterangan resminya beberapa waktu lalu, dikutip Padangkita.com, Sabtu (2/4/2022).

Dia menjelaskan, soal lokasi memang masih belum ditentukan, begitu juga dengan biaya investasi yang dibutuhkan untuk membuat tol di bawah laut ini.

Baca Juga:Daftar Lengkap Tol dan Jalan Nasional Pulau Sumatra yang Bisa Dipakai Mudik Lebaran 2022 

Sementara itu Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan alasan menggunakan teknologi itu supaya jalan menuju IKN tidak merusak area hutan lindung. [isr]

Terpopuler

Add New Playlist