Dinsos Padang Tanggung Biaya Perawatan ODGJ yang Serang Warga di Gunung Pangilun Padang

Penulis: Muhammad Aidil
|
Editor: Fakhruddin Arrazzi

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Dinsos Padang tanggung biaya perawatan ODGJ yang sempat menyerang warga di kawasan Gunung Pangilun, Padang.

Padang, Padangkita.com – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Padang menanggung biaya perawatan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang sempat menyerang warga di kawasan Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang.

Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinas Sosial (Dinsos) Kota Padang, Devi Susanti Razif mengatakan pihaknya telah mengantarkan perempuan tanpa identitas tersebut ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) HB Saanin Padang untuk menjalani perawatan setelah sebelumnya sempat dititipkan di Markas Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) Padang,

“Biaya pengobatan dan perawatan serta pemulihannya kami tanggung dari Dinsos Kota Padang,” ujarnya saat dihubungi Padangkita.com via telepon, Senin (14/6/2021).

Devi menuturkan, jenis perawatan ODGJ yang diserahkan pihaknya berupa paket selama 40 hari. Paket tersebut salah satunya seperti makanan dan kebutuhan lainnya.

“Paket itu kan berdurasi 40 hari, selama itu kami tanggung, tapi jika sebelum 40 hari dia sudah sembuh, dia akan dikembalikan ke keluarganya, tapi jika belum sembuh, paketnya akan diperpanjang lagi selama 40 hari berikutnya,” katanya.

Namun, katanya, jika petugas Dinsos Kota Padang mengetahui keberadaan keluarga atau alamat korban, pihaknya akan memberikan sosialisasi dan prosedur penanganan.

“Jika dia tidak punya BPJS maka ditanggung dalam satu atau dua paket dan kami tahu keluarganya dan dia tidak punya BPJS, maka diminta untuk mengurus kartu itu. Jadi biayanya bisa dibebankan dari sana dalam paket tersebut, sehingga bisa meringankan beban Dinsos dan bisa digunakan untuk keperluan lainnya,” ulasnya.

Diketahui, ODGJ tersebut sebelumnya sempat melempari pengendara yang lewat di jalan dengan kerikil dan batu.

“Bahkan, perempuan tersebut sempat melepaskan pakaian dan melawan saat ditangkap petugas,” kata Kepala Satpol PP Padang, Alfiadi. [adl/fru]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com

Terpopuler