Dibuat di Spanyol, Berikut Spesifikasi KRI Bima Suci

Penulis:
KRI Bima Suci akhirnya tiba di tanah air air setelah berlayar selama satu setengah bulan dari Spanyol. Kedatangan KRI Bima Suci di pelabuhan teluk bayur Padang, Rabu (08/11/2017)

Padangkita.com – Kapal Republik Indonesia (KRI) Bima Suci merapat untuk pertama kalinya di Indonesia tepatnya di pelabuhan Teluk Bayur Padang, Rabu (08/11/2017).

Laksma (TNI) Agus Sulaeman, Dan Lantamal II Padang mengatakan bahwa KRI Bima Suci adalah kapal baru yang dimiliki oleh TNI Angkatan Laut.

“Kapal ini merupakan generasi kedua penerus KRI Dewa Ruci. Kapal tersebut akan dugunakan untuk latih untuk taruna angkatan laut  sehingga bisa maksimal dalam bidang astronomi dan lain-lain,” katanya, Rabu (08/11/2017).

Ada pun spesifikasi KRI Bima Suci adalah panjang kapal 111,2 meter dan lebarnya mencapai 13,65 meter. Draf kapal 5,95 meter dan tinggi tiang 49 meter.

KRI Bima Suci-945 merupakan kapal layar tiang tinggi yang berfungsi sebagai kapal latih taruna dan taruni akademi angkatan laut. Selain itu juga digunakan untuk duta bangsa, duta pariwisata, kebudayaan dan sarana informasi tentang Indonesia.

“Kapal ini juga digunakan sebagai alat diplomasi dalam membina hubungan persahabataninternasional,” katanya.

KRI Bima Suci merupakan kapal kelas Bark (Barque) dengan 3 tiang utama, 26 layar dan luas 3,353 meter. Kapal ini dibuat di Spanyol.

Kapal ini yang diresmikan pada 12 September 2017 silam tersebut membawa anak buah kapal sebanyak 66 orang.

Letkol (laut) Baruno Aji , komandan KRI Bima Suci mengatakan kapal tersebut telah berlayar ke sejumlah negara sejak diantaranya Spanyol, Italia, Mesir, Arab Saudi, Oman dan Sri Langka.

“Kami telah berlayar ke sejumlah negara dan kini KRI Bima Suci akhirnya sampai dengan selamat di pelabuhan teluk bayur padang,” katanya kepada wartawan, Rabu (08/11/2017).

Pelabuhan terluk Bayur Padang dipilih sebagai pelabuhan singgah pertama di indonesia karena konek dengan srilangka, pelabuhan sebelumnya.

KRI Bima Suci merupakan kapal latih untuk taruna tni angkatan laut yang menggantikan peran KRI Dewa Ruci yang legendaris. Kedatangannya pertama kali di indonesia ini disambut para prajurit lantamal dua padang, ratusan siswa TK dan SD  serta warga.

(Aidil Sikumbang)

Terpopuler

Add New Playlist