Di Sumbar Capaian Vaksinasi Dilombakan, Hadiahnya Mobil dan Uang Ratusan Juta

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumatra Barat (Sumbar) me-launching lomba ‘Sumdarsin” atau ‘Sumbar Sadar Vaksin’, di halaman Mapolda Sumbar, Sabtu (8/1/2022).

Lomba “Sumdarsin’ untuk mendorong percepatan capaian vaksinasi di Sumbar  dengan melibatkan seluruh Forkopimda. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh instansi Forkopimda, baik di tingkat provinsi, maupun kabupaten/kota. Lomba dimulai sejak 8 hingga 22 Januari 2022 mendatang.

Launching lomba ‘Sumdarsin’ ini ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Forkopimda Sumbar yang terdiri dari Gubernur Sumbar, Danrem 032 Wirabraja, Kepala Kejaksaan Tinggi, Ketua Pengadilan Tinggi Padang, Komandan Lantamal II Padang, Komandan Lanud Sutan Syahrir, Kepala Binda dan Kepala BNNP Sumbar.

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah menyampaikan apresiasi kepada Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa, atas inisiasi dan inovasi dalam percepatan vaksinasi Covid-19, dengan mengadakan lomba ‘Sumdarsin’ antar-Forkopimda.

“Saya sangat berterimakasih kepada Bapak Kapolda Sumbar yang punya ide-ide luar biasa,” kata Gubernur Mahyeldi.

Ia menyebut, lomba ‘Sumdarsin’ kali ini dilakukan antar-instansi di Sumatra Barat, yang melibatkan 105 instansi.

“Alhamdulillah, Pak Kapolda menyediakan hadiah 1, 2, dan 3 berupa mobil dan juga sampai harapan 3. Mudah-mudahan ini bisa menjadikan motivasi instansi, minimal 15.000 (warga divaksin) selama 15 hari,” ujarnya.

Mahyeldi berharap, masing-masing instansi dapat bergerak maksimal sehingga capaian vaksinasi di Sumatra Barat akan lebih meningkat.

“Karena (semu ini) dalam rangka untuk menghadirkan herd immunity, yang harus kita hadirkan untuk masyarakat kita. Mudah-mudahan agenda kita ini berjalan lancar dan maksimal,” harapnya.

Sebelumnya, Karoops Polda Sumbar Kombes Pol Djajuli, selaku panitia pelaksana menyebut, dalam upaya percepatan vaksinasi, khususnya di wilayah Sumbar, perlu dilakukan sinergitas semua instansi di lingkungan Forkompimda untuk mengerahkan masyarakat ‘sadar vaksin’.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa Provinsi Sumbar di akhir tahun 2021 capaian vaksinasi sebesar 67,99% dan hari ini capaian vaksinasi Sumbar mencapai 68,80 %. Sisa vaksin Sumbar masih ada sekitar 221.480 dosis, Ini yang harus kita habiskan dan jangan sampai kedaluwarsa sehingga terbuang percuma,” ungkapnya.

Sementara di sisi lain, masyarakat Sumbar masih banyak yang belum tervaksin. Untuk menyikapi itu, Kapolda Sumbar memerintahkan para Kapolres untuk mengikuti lomba ‘Sumdarsin’, serta mengajak seluruh para pemangku kepentingan bersama-sama menyukseskan ‘Sumdarsin’.

Baca juga: Sejauh Ini Belum Ditemukan, Polda Sumbar Antisipasi Munculnya Joki Vaksin

Dalam lomba ini, Kapolda menyediakan hadiah dengan jumlah total Rp750 juta. Rinciannya adalah: Juara 1, mobil atau uang tunai Rp250 juta; Juara 2, mobil atau uang tunai Rp200 juta; dan Juara 3, mobil atau uang tunai Rp150 juta. Kemudian, Juara harapan 1, uang tunai Rp75 juta; Juara harapan 2, uang tunai Rp50 juta; dan Juara harapan 3, uang tunai Rp25 juta. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist