Dekati Puncak Mudik, Jasa Marga Mulai Berlakukan One Way di Jalan Tol

Penulis: Isran Bastian

Jakarta, Padangkita.com – Melihat perkembangan situasi lalu lintas yang terus meningkat mendekati puncak arus mudik Lebaran 2022, PT Jasa Marga (persero) akhirnya memberlakukan rekayasa lalu lintas one way atau satu jalur, di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek.

Rekayasa diberlakukan atas diskresi Kepolisian pada H-4 Lebaran atau Kamis (28/4) sejak pukul 17.28 WIB hingga Jumat (29/4/2022) pagi bertujuan untuk mencegah terjadinya kepadatan dan penumpukkan kendaraan yang melintas.

Gerbang Tol Cikampek Utama sebagai gerbang tol pertama yang melayani lalu lintas one way, sejak Kamis (28/4) pukul 22.00 WIB pun memaksimalkan 30 lajur transaksi untuk melayani kendaraan yang menuju arah timur via Jalan Tol Trans Jawa, yang sebelumnya hanya mengoperasikan 26 lajur transaksi. Sedangkan dalam kondisi normal, dalam satu jalur biasanya dioperasikan dengan 15 gardu tol.

“Kondisi lalu lintas pada Kamis malam pukul 23.00 WIB terpantau mulai mengalami antrean di GT Cikatama dengan panjang 5-10 kendaraan,” ungkap Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru, dikutip Padangkita.com, Jumat (29/4/2022).

Sedangkan untuk mengantisipasi kepadatan dan antrean di Gerbang Tol (GT) Kalihurip Utama (Kalitama) 4 Ruas Tol Cipularang, sebagai dampak penutupan Kalitama 2 (arah Jakarta) karena pemberlakuan kebijakan one way arah Semarang dari Km 47 Ruas Tol Jakarta-Cikampek pada Kamis (28/4), atas diskresi pihak Kepolisian diberlakukan pengalihan lalu lintas.

Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Plaza Tol Cililitan, Jakarta Irra Susiyanti menjelaskan, setelah dilakukan penutupan lalu lintas arah Jakarta di GT Kalitama 2 sejak pukul 16.00 WIB, lalu lintas dialihkan menuju GT Kalitama 4 arah Cikampek/Cirebon untuk kemudian keluar GT Kalihurip 1 menuju Dawuan dan Cikampek.

Dengan mempertimbangkan peningkatan volume transaksi serta guna mengurangi antrean di GT Kalitama 4 pada pukul 20.25 WIB lalu lintas arah Jakarta dialihkan keluar menuju GT Sadang, dan kendaraan yang terlanjur mengantre di GT Kalitama 4 diputar balikan ke arah Bandung dan dialihkan keluar menuju GT Sadang.

Sementara untuk mengurangi beban lalu lintas di GT Sadang, pengguna jalan yang hendak mengarah ke Jakarta mulai dialihkan keluar GT Cikamuning sejak pukul 21.20 WIB, dan lalu lintas juga mulai didistribusikan melalui Jalur Fungsional Japek II Selatan sejak pukul 22.32 WIB. Pengalihan Lalu Lintas di GT Kalitama 4 dan sekitarnya ini diberlakukan secara situasional sampai kebijakan one way selesai.

Jasa Marga mengimbau agar pengguna jalan memerhatikan jadwal one way arus mudik yang disiapkan oleh Kepolisian serta tetap berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu dan batas kecepatan kendaraan, serta mengikuti arahan petugas di lapangan.

Baca Juga: Arus Mudik, KAI Sumbar Minta Masyarakat Waspadai Perlintasan Sebidang

Pastikan kecukupan saldo uang elektronik dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman. Pengguna jalan dapat mengakses informasi lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group melalui One Call Center 24 jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy untuk pengguna iOS dan Android. [*/isr]

Terpopuler

Add New Playlist