Arus Mudik, KAI Sumbar Minta Masyarakat Waspadai Perlintasan Sebidang

Padang, Padangkita.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre II Sumatra Barat (Sumbar) meminta masyarakat untuk mewaspadai perlintasan sebidang, apalagi sekarang adalah momen arus mudik Lebaran.

“KAI mengajak pengendara untuk mengutamakan keselamatan saat melintasi perlintasan sebidang dan selalu memperhatikan kondisi kendaraan agar tidak terjadi mogok saat melewati perlintasan sebidang,” ujar Vice President PT KAI Divre II Sumbar, Mohamad Arie Fathurrochman dalam keterangan tertulis yang diterima Padangkita.com, Jumat (29/4/2022).

“Kami juga mengimbau agar masyarakat pengguna jalan selalu berhati-hati saat akan melewati perlintasan sebidang,” imbuhnya.

Dia juga mengingatkan masyarakat untuk mengurangi kecepatan, berhenti sejenak, dan memastikan tidak ada kereta yang melintas.

“Sesuai Undang-undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian, Pasal 124 menyatakan pada perpotongan sebidang antara jalur kereta api dan jalan, pemakai jalan wajib mendahulukan perjalanan KA,” jelas Arie.

Sebagai informasi, pada periode Masa Angkutan Lebaran 2022, PT KAI Divre II Sumbar melayani penumpang dengan berbagai rute.

Untuk rute perjalanan KA Perintis Minangkabau Ekspres melayani relasi Pulau Aie – Padang – Bandara Internasional Minangkabau (PP), Kereta Api Perintis Lembah Anai relasi Kayu Tanam – Duku – Bandara Internasional Minangkabau (PP), dan KA Lokal Sibinuang melayani relasi Padang – Pariaman – Naras (PP).

Arie juga mengungkapkan, setiap harinya KAI Divre II Sumbar akan mengoperasikan 26 perjalanan KA.

Baca Juga: Jelang Puncak Arus Mudik, KAI Sumbar Imbau Calon Penumpang Beli Tiket Lebih Awal

Rinciannya, 12 perjalanan KA Minangkabau Ekspres, 6 perjalanan KA Lembah Anai, dan 8 perjalanan KA Sibinuang. [fru]

Terpopuler

Add New Playlist