Daftar Tokoh yang Dapat Gelar Kehormatan dari UNP, Ada Presiden RI dan Perdana Menteri Malaysia

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Universitas Negeri Padang (UNP) kembali memberikan gelar kehormatan kepada dua tokoh.

Pertama, gelar Profesor Kehormatan bidang Ilmu Manajemen Strategi kepada Dr. Ir. Dwi Soetjipto MM, kemudian gelar Adjunct Profesor bidang Pendidikan Kewirausahaan kepada Prof. Dr. Noh Aishah Buang MA.

Rektor UNP Prof. Ganefri PhD mengungkapkan, sebelumnya UNP telah memberikan 5 gelar Doktor Kehormatan. Pertama, kepada Muhammad Syafei tahun 1968 (tokoh dan pemikir pendidikan dari Sumatra Barat).

Kedua, kepada Gamawan Fauzi (mantan Gubernur Sumbar dan mantan Mendagri, 2011), Megawati Soekarnoputri (Presiden ke5 RI, 2017), Dato’ Seri Anwar Ibrahim (kini Perdana Menteri Malaysia, 2018), Muhammad Jusuf Kalla (Wapres RI beberepa periode, 2019).

Sementara itu, untuk gelar Profesor Kehormatan, kata Ganefrri, pertama kalinya diberikan kepada Prof. Dr. Fahmi Idris, tahun 2022 yang lalu.

“Lalu, pada pada hari ini (25/2/2023), untuk kedua kalinya, UNP memberikan gelar profesor kehormatan kepada tokoh yang dinilai patut dan pantas dari segi akademik dan non-akademik,” kata Ganefri.

Ia menegaskan, pemberian gelar profesor kehormatan ini, tetap berpatokan pada Permendikbudristek Nomor 38 Tahun 2021 tentang Pengangkatan Profesor Kehormatan pada Perguruan Tinggi.

Baca juga: UNP Beri Gelar Profesor Kehormatan kepada Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto, Ini Alasannya

“Di samping itu, pemberian gelar profesor kehormatan ini diharapkan dapat dijadikan spirit dan model bagi perguruan tinggi lainnya dalam menggelar tradisi akademis. Seperti pemberian gelar Profesor Kehormatan dalam bidang Ilmu Manajemen kepada Dr. Ir. Dwi Soetjipto MM, yang sebenarnya telah digagas sejak tahun 2022 yang lalu,” ungkap Ganefri. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist